ANALISIS FAKTOR KUALITAS BELAJAR ANAK AUTIS SDLB SUNAN KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42578Keywords:
Kualitas Belajar Anak Autis, Strategi, Metode ABA, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas belajar anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Sunan Kudus. Dalam konteks ini, kami akan membahas tiga faktor utama: strategi pembelajaran, metode Applied Behavior Analysis (ABA), dan gaya belajar. Anak autis memiliki kebutuhan yang unik dalam proses pembelajaran, sehingga penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas belajar mereka. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis data dari berbagai sumber, termasuk wawancara dengan guru, serta pengamatan langsung di kelas, penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang tepat, penggunaan metode ABA yang efektif, dan penyesuaian gaya belajar dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar anak autis. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih baik di SDLB dan institusi pendidikan lainnya.References
Asosiasi Autism Indonesia. (2022). Data dan Statistik tentang Anak Autis di Indonesia. Jakarta: Asosiasi Autism Indonesia
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Kesehatan Jiwa. Jakarta: BPS.
Dewi, R. (2022). Pengaruh Metode Visual dalam Pembelajaran Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(2), 123-135.
Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Farhan (2022). Evaluasi Metode Pembelajaran untuk Anak Autis. Jurnal Pendidikan Inklusif, 5(3), 145-158.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hidayati, N. (2022).Strategi Pembelajaran untuk Anak Autis di SDLB. Jurnal Pendidikan Inklusif, 3(1), 45-56.
Halimah, S. (2020).Penggunaan Alat Bantu Visual dalam Pembelajaran Anak Autis. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(1), 45-56.
Haryanto, A. (2020). Pengaruh Pengenalan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Anak Autis.Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(3), 78-89.
Kurniawan, A. (2021). Strategi Pembelajaran untuk Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(2), 123-135.
Lestari, P. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(3), 78-89
Ningsih, R. (2021).Gaya Belajar Anak Autis: Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 99-110.
Nurhayati, D. (2019). Pelatihan Guru dalam Pendidikan Anak Autis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 200-210.
Prabowo, H. (2018).Penguatan Positif dalam Pembelajaran Anak Autis. Jurnal Behavior Analysis, 2(3), 145-157.
Pratiwi, A. (2020). Kolaborasi dalam Pembelajaran Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 34-48.
Rahmawati, Y. (2021).Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Anak Autis.Jurnal Pendidikan Khusus, 11(3), 90-101.
Rahayu, S. (2020).Penguatan Positif dalam Pendidikan Anak Autis. Jurnal Pembelajaran dan Perkembangan, 8(2), 67-75.
Sari, M. (2021).Pentingnya Strategi Pembelajaran untuk Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1), 15-30.
SDLB Sunan Kudus. (2025). Laporan Tahunan Sekolah.
Susanti, T. (2021).Metode ABA dalam Pendidikan Anak Autis. Jurnal Terapan Psikologi, 9(2), 88-97.
Wulandari, A. (2021). Gaya Belajar Anak Autis: Pendekatan dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Anak, 8(3), 201-215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Shobirin, Rini Sugiarti , Erwin Erlangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.