PENGARUH SELF-COMPASSION & POSITIVE AFFECT TERHADAP GRATITUDE PADA MAHASISWA BIDIKMISI DI PT.X KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Rendi Saputra Universitas Semarang
  • Dewi Ulfah Arini Universitas Semarang
  • Femmy Sethyana Universitas Semarang
  • Leny Marlina Universitas Semarang
  • Diah Putri Ningrum Universitas Semarang
  • Rismawati Rismawati Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25005

Keywords:

Self-Compassion, Positive Affect, Kebersyukuran, Beasiswa

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia masih memiliki isu terkait akses pendidikan antara lain sistemakreditasi pendidikan tinggi yang komersial dan pendidikan menjadi peluang bisnis. Namun calon mahasiswa di Indonesia tidak secara merata terlahir dari keluarga mampuyang mendukung pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu solusi adalah dengan mencari peluang beasiswa yang diberikan oleh pihak ketiga maupun pemerintah. Beasiswa ini tentu memiliki tuntutan tertentu bagi penerima beasiswa yang sering menimbulkan tekanan sehingga dibutuhkan rasa kebersyukuran untuk mempertahankan prestasi belajar. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kebersyukuran adalah psychology well being atau self compassion, prososial, religiulitas, teman sebaya, familial social support dan positive affect. Tujuan penelitian untuk menganalisis secara empiris pengaruh self-compassion dan positive affect terhadap kebersyukuran mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Metode penelitian kuantitatif melalui analisis regresi berganda digunakan dengan bantuan program SPSS 25.0. Instrumen penelitian menggunakan skala penelitian model likert. Hasil penelitian menunjukan, bahwa secara bersama-sama, self-compassion dan positive affect memberikan sumbangan efektif yang signifikan terhadap kebersyukuran mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi sebesar 38,1%. Analisis korelasi antar hubungan dijelaskan dalam pembahasan.

References

Alimiyah, R. (2019). Hubungan antara Self Compassion dengan Gratitude pada Mahasiswa Pondok Pesantren. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bono, G., Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2004). Gratitude in practice and the practice of gratitude. Positive Psychology in Practice, 464–481.

Cohn, M. A., & Fredrickson, B. L. (2009). Positive emotions. Oxford Handbook of Positive Psychology, 13–24.

Hendriani, M. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Prenada Media Group.

Linawati, R. (2018). Hubungan antara positive affect dengan gratitude pada mahasiswa di panti asuhan.

Neff, K. . (2003). The Development and Validation of a Scale to Measure SelfCompassion. Psychology Press Taylor & Francis Group University of Texas.

Priyatno, D. (2010). Tehnik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media.

Ristekdikti. (2019). Bidikmisi. http://bidimisi.belmawa.ristekdikti.go.id>petunjuk>pedoman.

Sutrisman, D. (2018). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.com.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Saputra, R. ., Arini, D. U. ., Sethyana, F. ., Marlina, L. ., Ningrum, D. P. ., Rismawati, R., & Sugiarti, R. . (2024). PENGARUH SELF-COMPASSION & POSITIVE AFFECT TERHADAP GRATITUDE PADA MAHASISWA BIDIKMISI DI PT.X KOTA BANDAR LAMPUNG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1181–1185. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25005