PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS VLL SMP NEGERI 1 TIGANDERKET KAB. KARO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27637Keywords:
Pengaruh, Model Problem based Learning, dengan Menggunakan media ice breaking, Semangat belajarReferences
Asyafah (2019) Peran atau fungsi model pembelajaran. Upi Press
Afandi,Chamalah & wardani (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 Bab II.
Barrow, Min Liu (2005). dalam Aris Shoimin Menjelaskan karakteristik dari PBM.
Cole, Debbie. “Enregistering Diversity: Adequation in Indonesian Poetry Performance.” Journal of Linguistic Anthropology, vol. 20, no. 1, June 2010, pp. 1–21, https://doi.org/10.1111/j.1548-1395.2010.01045.x. Accessed 22 Apr. 2020.
Duch (1995) dalam Aris Shoimin (2014:130). Mengemukakan pengertian dari model Problem Based Learning.
“Pengaruh Ice Breaking Terhadap Model Pembelajaran Problem Based | PDF.” Scribd, www.scribd.com/document/601483807/Pengaruh-Ice-Breaking-terhadap-Model-Pembelajaran-Problem-Based. Accessed 13 Dec. 2023.
“Pengaruh Ice Breaking Terhadap Model Pembelajaran Problem Based | PDF.” Scribd, www.scribd.com/document/601483807/Pengaruh-Ice-Breaking-terhadap-Model-Pembelajaran-Problem-Based.
Lisa, Sudana, dan Riastini. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoyo. Vol. 2. No.1. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Yampolsky, Philip. “Forces for Change in the Regional Performing Arts of Indonesia.” Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, vol. 151, no. 4, 1 Jan. 1995, pp. 700–725, https://doi.org/10.1163/22134379-90003035. Accessed 22 Apr. 2023.
M.TaufiqAmir.(2009).Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta: Prenada Media
None Wahyudi, et al. “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran PBL Melalui Conference.” Educatif Journal of Education Research, vol. 4, no. 4, 3 Aug. 2021, pp. 74–84, https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.129. Accessed 2 Apr. 2024.
Teori, Landasan, et al. “BAB II.” Organisasi Dan Motivasi, no. 2, 2010, p. 94, etheses.iainkediri.ac.id/1376/3/932128214_BAB%20II.pdf.
Keguruan, Fakultas. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Margakaya Lampung Selatan (Skripsi) Oleh Yoga Santiago. 2018.
Samsul Arifin. “Metode Problem Base Learning (PBL) Dalam Peningkatan Pemahaman Fikih Kontemporer.” DOAJ (DOAJ: Directory of Open Access Journals), vol. 2, no. 1, 15 Jan. 2019, pp. 88–106, https://doi.org/10.52166/talim.v2i1.1365. Accessed 3 Sept. 2023.
Siti Marjani Al-Masyhud, 105060295. Pnerapan Model Promblem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
,onesearch.id/Record/IOS3183.6268/TOC. Accessed 2 Apr. 2024.
Sari, Ria Nabila. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Program Wisata Literasi Dan Numerasi Dalam Menghasilkan Produk Pembelajaran IPS Di SMPN 1 Papar Kediri.” Etheses. uin-malang.ac.id, 6 July 2023, etheses.uin-malang.ac.id/55056/. Accessed 22 Dec. 2023.
Shoimin (2014) Problem-Based Learning. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media,
Marti’in,Studi Bimbingan, Program, et al. Analisis tentang rendahnya minat belajar peserta didik kelas XI SMA NEGERI 5
Pontianak artikel penelitian NIM. F1141151024. 2019.
Bening, and Evi Rine Hartuti. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1 Jan. 2010. Accessed 2 Apr. 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Monalisa Martha Siahaan, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Hotmaida Simanjuntak, Lukman Pardede, Peranti Permainta Br Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.