DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 31 PONTIANAK BARAT

Authors

  • Masyithah Masyithah Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26907

Keywords:

Membaca, Keterampilan Membaca, Keterampilan Membaca Nyaring.

Abstract

Banyak hal yang kita dapatkan dalam mengembangkan pikiran dan pengetahuan, serta pelajaran hidup melalui membaca; oleh karenanya keterampilan membaca siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca nyaring dengan subjek 16 siswa Kelas II A di Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman. Keterampilan membaca nyaring diperoleh melalui tes membaca nyaring, observasi, dan wawancara. Hasilnya mengungkapkan bahwa 62,5% siswa mampu melafalkan seluruh kata dengan tepat dan jelas, 25% siswa membaca nyaring dengan intonasi yang tepat, nada yang keras serta tidak monoton, 56,25% siswa membaca dengan volume suara yang dapat didengar oleh seluruh siswa, 50% siswa memiliki kelancaran dalam membaca nyaring, dan 25% siswa mampu menjeda bacaan sesuai tanda baca pada seluruh teks bacaan.

References

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Darmadi, H. 2018. Membaca Yuk Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Guepedia Publisher.

Huda, A. A. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melauli Media Komakas [Skripsi]. Diunduh dari http://repositori.unimma.ac.id/470/

Madu, F. J., & Jaman, M. S. 2021. Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SDI Bea Kakor, Kecamatan Ruteng. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 41-50. Diunduh dari

Muhsyanur. 2014. Membaca suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Yogyakarta: Buginese Art.

Rahim, F. 2019. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsiah, N. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: CV AE Media Grafika.

Tati, P., Oktaviani, U. D., & Riberu, E. D. H. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Nyaring melalui Cerita Rakyat Malin Kundang pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Nanga Jetak Tahun Pelajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA) (Vol. 2, pp. 317-326). Diunduh di

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Masyithah, M., Halidjah, S. ., & Ghasya, D. A. V. . (2024). DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 31 PONTIANAK BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4036–4041. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26907

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>