STRATEGI HEURISTIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI KELAS VIII SMP TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26346Keywords:
Strategi Heuristik, Kemampuan Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi heuristik dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapat. Untuk mengetahui mengapa strategi heuristik digunakan dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapat di kelas VIII SMP Negeri 1 Sirombu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan handphone sebagai alat untuk merekam semua pembicaraan, hasil gambar sebagai bukti nyata, kemudian buku catatan yang berfungsi untuk mencatat semua percakapan dengan sumber data atau informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obseravasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: Pertama, penggunaan Strategi Heuristik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sirombu yaitu dengan memberikan beberapa pertanyaan atau pendapat kepada siswa sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dikelas dan memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih aktif dalam memberikan atau mengemukakan pendapatnya serta memberikan pujian atau penguatan kepada siswa agar lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya. Kedua, Strategi Heuristik digunakan dalam mengembangkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa yaitu untuk dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan motivasi dan aktivitasnya baik dalam menyampaikan ide, pemecahan masalah, kemandirian dan kemampuan berpikir berdasarkan pemahamannya sendiri dalam materi pembelajaran yang disampaikan dikelas tanpa dipengaruhi oleh jawaban-jawaban dari teman sekelas lainnya.References
Andrew Fernando Pakpahan, Dkk. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Bandung: Yayasan Kita Menulis.
Aswan, Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, 2000. Wewenang Dan Tanggung Jawab Seorang Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas, 2005. Tentang Pendidikan Kewarganegaraan. Tim ICCE.
Dr. Eko Murdiyanto, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Press. Veteran.
Hamalik, Oemar. 2001. Strategi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Joni, Anita W. Sri, Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lemhannas. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Mulyadi Dan Risminawati. 2012. Strategi Everyone Is A Teacher Here. Surakarta: FKIP UMS.
Mulyasa. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Novianamawati, S. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa. Universitas Pasundan, Pasundan.
Poerdawadarmirta, W.J.S. 2014. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sapuadi, 2019. Strategi Pembelajaran Heuristik. Palangka Raya: Harapan Cerdas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Theresia Daeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.