PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI LITERASI BUDAYA DI UPTD SMP NEGERI 2 LAHOMI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26376Keywords:
Nilai Karakter Kebangsaan, Literasi Budaya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya, untuk mengetahui kendala-kendala dalam penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya dan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya di SMP Negeri 2 Lahomi tahun Akademik 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah rekaman dengan menggunakan alat rekam HP (merekam semua pembicaraan) hasil gambar sebagai bukti nyata, kemudian buku catatan yang berfungsi untuk mencatat semua percakapan dengan sumber data. Dari hasil Penelitian ditemukan bahwaPelaksanaan program literasi budaya di SMP Negeri 2 Lahomi dengan memfungsikan lingkungan fisik sekolah melalui pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah, pembelajaran ekstrakurikuer, penegakan tata tertib sekolah maupun juga literasi sekolah serta pembelajaran PPKn penanaman nilai- nilai karakter kebangsaan.Penanaman karakter kebangsaan melalui literasi budaya siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai generasi yang mencintai dan memahami warisan budaya bangsa serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat, salah satunya dengan memberikan pemahaman pentingnya membaca kepada siswa, mengadakan kegiatan literasi yang berfokus pada nilai-nilai kebangsaan, seperti membaca karya sastra atau sejarah nasional, dan melalui buku-buku perpustakaan yang dapat memperkenalkan tokoh-tokoh inspiratif dan teladan yang mewakili karakter kebangsaan yang dihormati. Kendala yang dihadapi dalam penanaman pembentukan nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya adalah: 1) terbatasnya sumber daya seperti buku, materi, dan sarana pendukung; 2) Keterbatasan akses informasi dan komunikasi, terutama dalam hal peminjaman yang masih dilakukan secara manual; 3) kurangnya minat baca siswa; 4) situasi belajar yang kurang memotivasi para siswa untuk mempelajari buku-buku tertentu di luar buku-buku paket; 5) Meningkatnya penggunaan teknologi informasi elektronik. Upaya yang dilakukan adalah Meningkatkan pelayanan di dalam perpustakaan sekolah seperti menyediakan bahan bacaan dengan berbagai jenis buku yang mendukung, memberikan perhatian terhadap kenyamanan perpustakaan seperti kondisi ruangan yang cukup baik dan nyaman, serta rapi dalam penataan buku, dan mengendalikan atau membatasi anak dalam penggunaan alat media elektronik seperti gawai dan televisi.References
Ainur Azar, 2021. Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol.3 No 2
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1).
Berkat Persada Lase, 2020. Strategi Guru PPKn dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Jurnal Warta Edisi 63. Vol. 14 Nomor 1: 1-208
Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Eko Murdiyanto. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Press. Veteran.
Munaqasyah, (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Agama iIslam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini yang Berkarakter. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 01 (01), 37-38
Natanya Febrianti, 2021 Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 5 No 2
Samsul Susilawati. M,Pd. 2020. Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral, Yogyakarta. PUSTAKA EGALITER.
Syarif Ahya, Mislinawati, S.PdI, M.Pd., dan Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd, 2019. Penanaman Nilai Moral Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar. Vol. 4 No 3
Saiful Bahri, 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 03, No. 01
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teti Oi Nike Gulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.