IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI WARGA BINAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B KOTA GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26375Keywords:
Pendidikan Karakter, Warga Binaan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Implementasi pendidikan Karakter Bagi Warga Binaan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Gunungsitoli , (2) meneliti faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter, dan (3) mengetahui upaya dari hambatan pelaksanaan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah warga binaan dan petugas pemasyarakatan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaan pendidikan karakter pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Gunungsitoli berjalan sesuai tujuan pemasyarakatan. pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan jasmani, rohani, intelektual dan kemandirian, (2) faktor pendukungnya adalah warga binaan taat dan tertib; kerja sama dengan pihak ketiga; kebijakan wajib diikuti warga binaan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi sebagian warga binaan; sarana prasarana dan anggaran terbatas; pemasaran sempit, dan (3) solusi dari hambatan adalah memberikan pengusulan cuti dan pemberian sanksi terhadap warga binaan ketika ada yang melanggar peraturan dan dimasukan ke selker; memotivasi warga binaan; mengajukan proposal ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM.References
Agus Wibowo. (2012). Pembinaan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Akhmad Muhaimin Azzet. (2011). Urgensi Pembinaan Karakter di Indonesia: Revitasisasi pembinaan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dwidja Priyatno. (2006): Sistem Pembinaan Pemasyarakatan.Bandung:Refika Aditama.
Masnur Muslich. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi-dimensional. Jakarta : Bumi Aksara.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta:Bumi Aksara.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta:Bumi Aksara.
Miftah Thoha. (2008). Manajemen Pembinaan dan Pengamplikasian. Jakarta:Kencana.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.
Sudarto. (1986). Kapita Selekta Hukum Pidana. Bandung:Penerbit Alumni.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Pembimbingan. Diakses dari
Fadjri Prathama. (2015). Pelaksanaan Tindakan Pembinaan Terhadap Narapidana yang Melanggar Peraturan Keamanan dan Ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang. Fakultas Hukum Universitas Tamansiswa Padang. Diakses melalui www.journal.unitas-pdg.ac.id
Fitriyani Rohmawati. (2015). Implementasi Pembinaan Karakter Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Pekalongan. Diakses dari http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/771
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samahati Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.