PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN SISWA DI SMA NEGERI 1 LOLOFITU MOI

Authors

  • Adrianus Bawamenewi IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2252

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan

Abstract

Kesuksesan dalam membina dan meningkatkan kedisiplinan serta mutu pendidikan yang berkualitas di sekolah tergantung pada peran kepala sekolah. Kedisiplinan merupakan sikap mental seseorang yang berkenan menaati dan melaksanakan aturan di sekolah serta bertindak sesuai dengan yang seharusnya. Sekolah yang disiplin akan menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi warga sekolah serta merupakan bagian dari indikator kesuksesan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa. Berdasarkan temuan dan hasil pembahasan disimpulkan bahwa: Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa di SMA Negeri 1 Lolofitu moi masih kurang maksimal terlaksana sebagaimana yang diharapkan, untuk itu perlu dievaluasi sehingga lebih baik, sebab masih terjadi kelemahan dari sisi keteladanan, kemampuan merangkul warga sekolah, kurangnya penegakan kedisiplinan, dan gaya kepemimpinan yang dilakukan masih perlu ditingkatkan sesuai kompetensi sebagai pimpinan. Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa yaitu kurangnya komunikasi dan kerjasama dengan sesama bapak/ibu guru. Menyebabkan peningkatan disiplin di sekolah sangat tidak efektif penerapannya.

Author Biography

Adrianus Bawamenewi, IKIP Gunungsitoli

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), FPIPS, IKIP Gunungsitoli

References

Abdurrahmat Fathoni, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Agus Wibowo, (2012). Pendidikan Karakter, Strategi membagun Karakter Bangsa Berperadapan, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Charles Schaefer. (1989). Cara Efektif Mendidik dan Mendisplinkan Anak. Jakarta: Kesaint Blanc.

Darmiatun dan Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.Yogyakarta: Gava Media.

Elizabeth. B. Hurlock. (1996). Psikologi Anak Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

E. Mulyasa, (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

E. Mulyasa, (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kompri, (2015). Manajemen Sekolah “Orientasi Kemandirian Kepala Sekolahâ€. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Larry J. Koening. (2003). Menanamkan Disiplin dan Menumbuhkan Percaya Diri Pada Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Markis Uriatman. (2015). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Volume 9, Nomor 6, November 2015.

Marshall Sashkin dan Molly G. Sashkin. (2011). Prinsip-Prinsip Kepemimpinan. Jakarta: Erlangga.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Kerjasama Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan RT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Bawamenewi, A. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN SISWA DI SMA NEGERI 1 LOLOFITU MOI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 235–241. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2252