PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Doni Masnil SD Negeri 016 Air Buluh
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26078

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Discovery Learning.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas III khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Negeri 016 Air Buluh. Rendahnya kemampuan berpikir kritis tersebut dapat di tingkatkan dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang di laksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang guru dan 23 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua siklus, pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori kurang kritis 17%, cukup kritis 26%, kritis 35%, dan sangat kritis 22%. Sedangkan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori kurang kritis 0%, cukup kritis 0%, kritis 13%, dan sangat kritis 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengguunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Negeri 016 Air Buluh.

References

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga

Jhonson, 2011. Upaya Guru Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Tebak Gambar Di Pendidikan Anak Usia Dini. Kecamatan : Rasau Jaya

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. JurnalPendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.

Kurniasih, Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

M Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad ke-21. Bogor: Ghalia Indonesia

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda kongkrit untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal mitra pendidikan, 3(7),1-9.

Amri, Ahmadi 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Konstruktivis-Kolaboratif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, vol.3, no.3, hlm 37-38

Mawardi, H., dkk. (2014). Penerapan pembelajarantematik untuk meningkatkan aktivitas belajarkelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1-9.

Syah, 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusyna, A. 2014. Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak

Trianto, 2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: konsep landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media Grup.

Fahrudin, Faiz. 2010. Thinking Skill Pengantar Menuju Berfikir Kritis.

Yogyakarta: Suka Press.

Supriyo, Widodo, & Abu Ahmad. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Winarni. 2012. Inovasi Dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP UNIB Amin, Mohammad. T. B. D. (2013). Portfolio Based Physics Learning

Model To Improve Critical Thinking Skills. International Journal ofEducationandResearch.Vol.1No.9.http://journal.unj.ac.id/unj/ind e x.php/jpppf/article/view/8541

Ennis, R. H. (2013). Critical Thinking Across the Curriculum: The wisdom CTAC program. Inquiry Critical Thinking across the Disciplines, 28(2),25-45.https://scholar.uwindsor.ca/cgi/ viewcontent.cgi?article=2014&con text=ossaarchive

Wilcox. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Eggen, Paul & DonKauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. PT Indeks. Jakarta.

Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT. Refika Aditama.

Amri, Sofyan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum

Jakarta: Pustakaraya

Aqib, Zainal.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA SWIDIA.

Popper, 2005. Teori falsifikasi karl raimund popper dan kontribusinya dalam pembelajaran ipa bagi siswa usia dasar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Masnil , D. ., Mufarizuddin, M., & Rizal, M. S. . (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2260–2264. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26078