KAJIAN LITERATUR KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PESERTA DIDIK DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Wahyuni Yasmin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1223

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Model Explicit Instruction.

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research) yang berjudul “ kajian literatur keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction peserta didik disekolah dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction peserta didik disekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian litaratur yang mengkaji keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction. Penelitian ini didasari dengan sulitnya mencari data lapangan dikerenakan sekolah yang tutup karena pandemi covid 19 yang melanda kita semua. Subjek penelitian ini adalah 15 artikel yang diterbitkan dijurnal nasional dalam waktu 5 tahun terakhir. Artikel keterampilan berbicara terdiri dari 7 artikel, model explicit instruction terdiri dari 8 artikel. Dari hasil kajian literatur diperoleh 46,6% merupakan keterampilan berbicara. Kemudian 53,5% merupakan model explicit instruction. Kebaruan penelitian yang didapat secara kajian literatur tentang keterampilan berbicara dan model explicit instruction sesuai dengan teori-teori yang disampaikan ahli-ahli sebelumnya. Dampak dan impak hasil penelitian menggunakan kajian literatur ini adalah bagi peneliti lainnya apabila ingin meneliti tentang keterampilan berbicara dan model explicit instruction bisa memperhatikan saran-saran yang telah diberikan peneliti.

Author Biographies

Wahyuni Yasmin, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mufarizuddin Mufarizuddin, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Ramdhan Witarsa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Afiffudin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Agus Darmuki. Dkk. Jurnal Kredo Vol.2 No.2 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PSBI Tingkat I-B Ikip Pgri Bijinegoro.

Mufarizuddin, 2017 Jurnal BASICEDU Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Inkuiri Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota.

Mulyana,(2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vitta Kariani. Ejurnal Bahasantodea Vol.4 No.2 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Talise.

Witarsa, 2015 Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Pengembangan Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Memfasilitasi Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini. Bandung

Downloads

Published

2020-12-05