PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMHACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP SISWA KELAS I SDN 81 PEKANBARU

Authors

  • Muhammad Syahrul Rizal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.462

Keywords:

Metode Struktural Analitik Sintetik, Membaca Permulaan, Peningkatan Kemampuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 81 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan terhadap siswa SDN 81 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penenelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I tahun pelajaran 20l7 - 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya15 orang siswa atau 60 %.Sedangkan pada siklus I meningka tmenjadi 18 orang siswa atau 72 %. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 23 orang siswa atau dengan persentase 92 %.Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode struktural analitik sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SDN 81 Pekanbaru.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar, Jakarta : PT.Rineke

Arikunto, Suharsimi, dkk (2010), Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Bumi Aksara

Puji Santoso , dkk (2005) . Materi dan pembelajaran Bahasa Indonesia . Jakarta :

Universitas Terbuka..

Rahim, Farida . (2005) . Pengajaran membaca disekolah dasar . Jakarta : Bumi Aksara.

Resmini , Novi . dkk 2006 a . Membaca dan Menulis di SD teori dan Pengajarannya . Bandung : UPI Press

Tim Pembina Solchan , dkk.(2010) Pendidikan Bahasa Indonesia di SD . Jakarta : Universitas Terbuka.

Bimbingan Teknis CALISTUNG tingkat pusat (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Membaca , Menulis. Dan Berhitung di Sekolah Dasar dalam Kemdikbud 2013

Zuchdi , Darmiyati , dkk . 1996/!997 . Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasRendah . Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto (2010) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif , Progresif, Konsep, LandasanDan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Syahrilfuddin, dkk .(2011). Penelitian Tindakan Kelas . Pekanbaru : Cendikia Insani

Emzir, (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif . Jakarta :Pt. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, (2009) . Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D . Bandung :Alfabeta

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Rizal, M. S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMHACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP SISWA KELAS I SDN 81 PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 253–258. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.462