EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LOOSE PART DALAM MENDORONG MINAT BACA ANAK DI TK ABA KARTINI KOTA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26010Keywords:
Literasi, Anak Usia Dini, Loose PartAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk memberikan stimulus literasi kepada anak usia dini melalui pemanfaatan loose part sebagai media pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang berada di TK ABA Kartini Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik stimulasi literasi melalui penggunaan loose part efektif dalam meningkatkan minat baca anak usia dini. Loose part, dalam hal ini, digunakan sebagai bahan untuk membuat pohon literasi, yang memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Pohon literasi ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga sebagai media untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan bagi anak usia dini.References
Asifudin, A. J. (2020). Mengungkit Pilar-pilar Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis. Suska Press,.
Basyiroh, I. (2017). PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi?: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134. https://doi.org/10.22460/TS.V3I2P120-134.646
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855
Farikhah, A., Sunan, U., Surabaya, A., Nur, L., Uin, A., Surabaya, S. A., Ayu, R., & Uin, S. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Loose Part. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.21154/WISDOM.V3I1.3493
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). LITERASI DIGITAL, MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL BAGI ORANG TUA MILENIAL. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138. https://doi.org/10.52166/MADANI.V11I2.3267
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/JGA.2018.31-05
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.152
Juliana, F., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT ASH-SHOLIHAH TAMBELANG. PeTeKa, 5(3), 563–574. https://doi.org/10.31604/PTK.V5I3.563-574
Mastuinda, M., Zulkifli, Z., & Febrialismanto, F. (2020). PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD SE- KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/JRPP.V3I1.868
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI TK AS SALAM PAGERAGEUNG. WALADUNA?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 97–110. https://doi.org/10.22460/CERIA.V2I5.P276-285
Ngiu, Z., & Djafri, N. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. ARTIKEL, 1(9288), 1429–1438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1798
Nurhayati, R., Yogyakarta, S., & Koresponden, P. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.47200/JNAJPM.V4I1.918
Program, E., Karakter, P., Anak, P., Dini, U., Apriani, R., & Anriani, N. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 11–18. https://doi.org/10.46963/MASH.V7I01.1438
Taufik, A. (2020). Interaksi Komunikasi dalam Pendidikan. Edification Journal, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.37092/EJ.V1I2.114
Usiono. (2016). Filsafat Pendidikan Islam . Cipta Pustaka Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salma Rozana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.