E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25139Keywords:
E-Modul, Bermuatan Cerita Rakyat Bali, Profil Pelajar Pancasila .Abstract
Rendahnya nilai siswa merupakan permasalahan yang sering dijumpai dalam dunia pendidikan terdapat berbagai faktor yang menyebabkan rendahnya nilai siswa contohnya seperi kurangnya minat serta motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini berutjuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang meliputi: Mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menganalisis pembelajaran, menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran khusus, mengembangkan instrument penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, merancang dan mengembangkan evaluasi, melakukan revisi, melakukan evaluasi sumatif. Hasil uji kelayakan isi pembelajaran memperoleh skor presentase 95%. Hasil uji kelayakan Bahasa memperoleh skor presentase 95%. Hasil uji kelayakan desain memperoleh skor presentae sebesar 97,22%. Hasil uji kelayakan media memperoleh skor prsentase sebesar 95%. Hasil uji coba perorangan memperoleh skor prsentase sebesar 90,83%. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor presentase sebsesar 92,22%. Hasil uji efektivitas dari pengembangan e-modul di peroleh nilai thitung sebsear 7,303 dan nilai ttabel dengan signifikansi 5% untuk df (n1+n2)-2=(33+33)-2 = 64 maka nilai ttabel 1,99773. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila efektif untuk digunakan pada siswa kelas II sekolah dasar.References
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kamil. (2021). PENERAPAN MODEL DESAIN INSTRAKSIONAL DICK AND SEMESTER GENAP SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI. 100–111.
Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778
Laili, I. (2019). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI. 3, 306–315.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA?: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Fireli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3161–3172.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tegeh. (2014). Buku Metodelogi Penelitian Pengembangan. Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Wulandari, I. G. A. A., Lasmawan, I. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Overcoming plagiarism through habituation on appreciating each human work: Balinese culture implementation of Tri Hita Karana on learning in higher education. Nurture, 18(1), 130–138. https://doi.org/10.55951/nurture.v18i1.549
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Nadia Rara Swati, I Gusti Agung Ayu Wulandari, Ida Bagus Gede Surya Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.