MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING EFEKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD

Authors

  • Ni Made Ayu Vidi Devantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25138

Keywords:

Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Problem Based Learning, IPAS

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif di SD menyebabkan pembelajaran cenderung monoton sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning untuk siswa kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, angket/kuesioner dan tes. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 4 orang ahli, 1 orang guru, dan 33 siswa kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari uji ahli rancang bangun sebesar 90,90%, uji ahli materi pembelajaran 91,07% , uji ahli desain pembelajaran 90%, uji ahli media pembelajaran 90,90%, uji kepraktisan media 92,18%, uji coba perorangan 92,5%, uji coba kelompok kecil 92,5%, sehingga secara keseluruhan memperoleh kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas diperoleh thitung sebesar 9,591 dan ttabel sebesar 2,037 pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga. Maka media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning efektif digunakan pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD.

References

Aini Purnama, A., dkk. (2023). Permainan Ular Tangga Berbasis Game Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran IPA. Journal on Education, 05(04), 11301–11308.

Alti, R., dkk. (2022). Media Pembelajaran. Get Press. https://books.google.co.id/books?hl= id&lr=&id=UsxuEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP3&ots=1X7JhIortf&sig=2cjE5MOKiz5AvdQJifTUa4rtlPo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Andrianto, S., dkk. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Pintar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 07 Koto Panai Air Haji. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 50–53. https://doi.org/10.30653/003.202171.153

Apsoh, S., dkk. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783

Fahri, L. M., dan Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Faisal, M., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Inpres 5/81 Latonro. Pinisi Journal PGSD, 2798–9097.

Hannum, L., dkk. (2024). Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. 7, 373–376. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/ index.php/jrpp/article/view/ 24242/17036

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hemawati, dkk. (2022). Pengembang Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran_Pendidik/EQaeEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=tata+letak+dalam+media+pembelajaran&pg=PA89&printsec=frontcover

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373 /bunayya.v7i1.9295

Indarta, Y., dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Malahayati, E. N. (2021). Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran. Maglearning, 1–6. https://maglearning.id/2021/11/12/prinsip-pemilihan-media-pembelajaran/

Mayasari, A., dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/ 10.57171/jt.v3i2.335

Ningrum, S., dan Mizan, S. (2020). Pengembangan Media Eduta ( Edukasi Ular Tangga ) Berbasis Model Problem Based Learning ( Pbl ) Tema 8 Sub Tema 2 Kelas V Di Sdn Baturetno 1. 5(2), 593–598.

Pramestika, N. P. D. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas Iv Sd Negeri Gugus Iii Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Undiksha Repository. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/ jspui/handle/10603/7385

Rahayu, A. R. D., dan Febriandi, R. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sungai Jauh. LJESE: Linggau Journal of …, 2(2), 1–14. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/269

Suartama. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Widiana, I. W., dkk. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 3((4)), 315–322.

Wulandari, I. G. A. A., dkk. (2024). Overcoming plagiarism through habituation on appreciating each human work?: education. 18(1), 130–138.

Yanti, I., dkk. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Devantari, N. M. A. V., Wiyasa, I. K. N. ., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING EFEKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1520–1527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25138

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.