MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING EFEKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25138Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Problem Based Learning, IPASAbstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif di SD menyebabkan pembelajaran cenderung monoton sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning untuk siswa kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, angket/kuesioner dan tes. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 4 orang ahli, 1 orang guru, dan 33 siswa kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari uji ahli rancang bangun sebesar 90,90%, uji ahli materi pembelajaran 91,07% , uji ahli desain pembelajaran 90%, uji ahli media pembelajaran 90,90%, uji kepraktisan media 92,18%, uji coba perorangan 92,5%, uji coba kelompok kecil 92,5%, sehingga secara keseluruhan memperoleh kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas diperoleh thitung sebesar 9,591 dan ttabel sebesar 2,037 pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga. Maka media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning efektif digunakan pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD.References
Aini Purnama, A., dkk. (2023). Permainan Ular Tangga Berbasis Game Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran IPA. Journal on Education, 05(04), 11301–11308.
Alti, R., dkk. (2022). Media Pembelajaran. Get Press. https://books.google.co.id/books?hl= id&lr=&id=UsxuEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP3&ots=1X7JhIortf&sig=2cjE5MOKiz5AvdQJifTUa4rtlPo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Andrianto, S., dkk. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Pintar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 07 Koto Panai Air Haji. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 50–53. https://doi.org/10.30653/003.202171.153
Apsoh, S., dkk. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783
Fahri, L. M., dan Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Faisal, M., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Inpres 5/81 Latonro. Pinisi Journal PGSD, 2798–9097.
Hannum, L., dkk. (2024). Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. 7, 373–376. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/ index.php/jrpp/article/view/ 24242/17036
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hemawati, dkk. (2022). Pengembang Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran_Pendidik/EQaeEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=tata+letak+dalam+media+pembelajaran&pg=PA89&printsec=frontcover
Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373 /bunayya.v7i1.9295
Indarta, Y., dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Malahayati, E. N. (2021). Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran. Maglearning, 1–6. https://maglearning.id/2021/11/12/prinsip-pemilihan-media-pembelajaran/
Mayasari, A., dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/ 10.57171/jt.v3i2.335
Ningrum, S., dan Mizan, S. (2020). Pengembangan Media Eduta ( Edukasi Ular Tangga ) Berbasis Model Problem Based Learning ( Pbl ) Tema 8 Sub Tema 2 Kelas V Di Sdn Baturetno 1. 5(2), 593–598.
Pramestika, N. P. D. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas Iv Sd Negeri Gugus Iii Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Undiksha Repository. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/ jspui/handle/10603/7385
Rahayu, A. R. D., dan Febriandi, R. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sungai Jauh. LJESE: Linggau Journal of …, 2(2), 1–14. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/269
Suartama. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Widiana, I. W., dkk. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 3((4)), 315–322.
Wulandari, I. G. A. A., dkk. (2024). Overcoming plagiarism through habituation on appreciating each human work?: education. 18(1), 130–138.
Yanti, I., dkk. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Ayu Vidi Devantari, I Komang Ngurah Wiyasa, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.