SURVEI E-MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 2 SIAK HULU

Authors

  • Dea Sulistiawati Universitas Islam Riau
  • Suryanti Suryanti Universitas Islam Riau
  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39357

Keywords:

E-Modu, Pembelajaran Biologi, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa kelas XI di SMAN 2 Siak Hulu terhadap penggunaan e-modul berbasis STEM dalam pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 34 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa kurang mampu memahami materi pelajaran Biologi dan cenderung bosan dengan metode pembelajaran konvensional yang didominasi ceramah dan pencatatan. Rata-rata persentase kebutuhan siswa terhadap e-modul mencapai 62,99%, yang menandakan perlunya penerapan bahan ajar yang lebih interaktif untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbasis STEM dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa dan memenuhi tujuan pendidikan dalam pelajaran Biologi. Oleh karena itu, disarankan agar e-modul ini diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.

References

Aisyah, S., Evih, N., & Trianto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka?: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. In Bumi Aksara.

Arnila, R., Purwaningsih, & Nehru. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556.

Astuti, N. W., Berti, Y., & Darlen, S. (2019). Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik, 7(5), 53–65.

Azzahra, L., & Dodi, I. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia(PJPI), 1(1), 13–20.

Farahani, N., Rahmadhani, F., Ganda, H. S., & Siska, A. F. (2023). Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Sma. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 177–185.

Juliyati, E. D. (2021). Peran Teknologi Informasi Pada Pembelajaran IPS. 1–6.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146.

Mahrawi, Usman, & Anggita, R. S. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi sebagai Bahan Ajar pada Materi Sel. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 96–104.

Marhadi, S. N. L., Humairah, U., Nurul, A. A., & Rusli, H. (2023). Analisi Jenis-jenis Bahan Ajar dalam Proses Pembelajaran. Amanah Ilmu, 3(2), 63–75.

Muhammad, A. A. (2020). Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 125–148.

Mulyasari, P. J., & Ni`matush, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM untuk Meningkatan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220–2236.

Nasrah, Rifqah, H. A., & Rr, Y. P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 1–13.

Prastawati, T. T., & Rahmat, M. (2023). Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(1), 378–392.

Pristiwanti, D., Bai, B., Sholeh, H., & Ratna, S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Saparuddin. (2022). Penggunaan E-Modul Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 445–452.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Alfabeta, CV: Bandung.

Susanto, A., & Radiallahunha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 101.

Syahirah, M., Lenny, A., & Holiwari, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317–324.

Zahra, J. O. V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Sulistiawati, D., Suryanti, S., & Hidayati, N. (2025). SURVEI E-MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 2 SIAK HULU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 71–77. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39357

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.