ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41936Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, e-modul, Al-Qur'an, Hadis, Integrasi teknologi.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MTsN 3 Kota Padang, dengan fokus pada gaya belajar siswa. Menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), penelitian ini menitikberatkan pada tahap Define untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam merancang e-modul yang adaptif dan inklusif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes gaya belajar. Hasil menunjukkan bahwa gaya belajar siswa beragam, dengan dominasi gaya visual, diikuti oleh auditori dan kinestetik. Meskipun fasilitas teknologi tersedia, metode pengajaran masih konvensional, sehingga diperlukan bahan ajar digital yang sesuai dengan karakteristik siswa. E-modul yang dirancang mengintegrasikan sumber daya multimedia dan aktivitas interaktif untuk mendukung pemahaman konsep secara hierarkis, terutama pada materi "Infak di Jalan Allah" dan "Kehidupan Dunia dan Akhirat". Pendekatan ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar inklusif serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi, dengan akses online dan offline untuk menyesuaikan berbagai tingkat kemampuan teknologi siswa. Fitur interaktif dan penilaian formatif dalam e-modul dirancang untuk meningkatkan hasil belajar dengan menyesuaikan strategi instruksional terhadap kebutuhan individu. Dengan demikian, studi ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendekatan pedagogis inovatif yang lebih personal dan efektif dalam pendidikan Islam.References
Ahmad, M. Y., & Nurjannah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1509
Alenezi, A. (2020). The role of e-learning materials in enhancing teaching and learning behaviors. International Journal of Information and Education Technology, 10(1), 48–56. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.1.1338
Alfina, R., Hasbullah, & Fuadi, A. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Al Qur’an Hadis dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas X MAS Yaspen Muslim Pematang Tengah Langkat. Jurnal Kajian Dan Riset Mahasiswa, 1(5), 813–824.
Andi Ridwan dan Samad Umarella. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual Program Pascasarjana , Program Studi Pendidikan Agama Islam , Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ambon , Maluku Pe. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(3), 137–149.
Astuti, M., Ismail, F., Fatimah, S., Puspita, W., & Herlina. (2024). The Relevance Of The Merdeka Curriculum In Improving The Quality Of Islamic Education In Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(6), 56–72.
Attard, C., & Holmes, K. (2022). An exploration of teacher and student perceptions of blended learning in four secondary mathematics classrooms. Mathematics Education Research Journal, 34(4), 719–740. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00359-2
Dabdoub, J. P., Salgado, D., Bernal, A., Berkowitz, M. W., & Salaverría, A. R. (2023). Redesigning schools for effective character education through leadership: The case of PRIMED Institute and vLACE. Journal of Moral Education, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/03057240.2023.2254510
Fitri, N., Usmaidar, & Hasibuan, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII MTsS Madinatul Ilmi Lubuk Kertang. Jurnal Kajian Dan Riset Mahasiswa, 1(5), 985–996.
Fontenelle-Tereshchuk, D. (2021). ‘Homeschooling’ and the COVID-19 Crisis: The Insights of Parents on Curriculum and Remote Learning. In Interchange (Vol. 52, Issue 2, pp. 167–191). https://doi.org/10.1007/s10780-021-09420-w
Gregorius, R. M., Santos, R., Dano, J. B., & Gutierrez, J. J. (2010). Can animations effectively substitute for traditional teaching methods? Part II: Potential for differentiated learning. Chemistry Education Research and Practice, 11(4), 262–266. https://doi.org/10.1039/c0rp90007a
Grierson, A. L. (2011). Walking The Talk: Supporting Teachers’ Growth With Differentiated Professional Learning. Professional Development in Education, 53(9), 167–169.
Hidayati, R., & Eriyanti, F. (2023). Differentiated Learning Technology on Science Education to Students Learning Outcomes. 9, 1017–1022. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.6479
Inayah, R., Mubarok, A., Jamhuri, M., & Yusuf, A. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Mapel PAI pada Siswa SLB Negeri Sengonagung Purwosari. Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/10.54396/saliha.v7i2.1253
Irawan, R., & Ruswanto. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Mnemonik dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits Peserta Didik Kelas VIII di MTs As Syifa Jati Agung. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 4(4), 253–260.
Julianto, R., Hasan, M., & Wibowo, A. (2023). Pandangan Kepala Kantor Urusan Agama (Kua) Melawi Terhadap Fenomena Pernikahan Beda Agama Di Kabupaten Melawi. Al-Usroh, 3(1), 94–106. https://doi.org/10.24260/al-usroh.v3i1.915
Konstantinou-Katzi, P., Tsolaki, E., Meletiou-Mavrotheris, M., & Koutselini, M. (2013). Differentiation of teaching and learning mathematics: An action research study in tertiary education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 44(3), 332–349. https://doi.org/10.1080/0020739X.2012.714491
Mabnunah, M., Nafilah, A. K., & Zainab, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fikih Berbasis Padlet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Azhar Pamekasan. Islamika, 6(1), 35–54. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4064
Magableh, I. S. I., & Abdullah, A. (2020). The effectiveness of differentiated instruction by streaming: A preliminary study of current practices in the UAE. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 95–110. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.6
Mappatunru, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Make Match pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII MTsN 2 Kabupaten Maros Semester Genap Tahun 2023/2024. KAMPUS AKADEMIK PUBLISING Jurnal Sains Student Research, 2(1), 753–762.
Mills, M., Monk, S., Keddie, A., Renshaw, P., Christie, P., Geelan, D., & Gowlett, C. (2014). Differentiated learning: from policy to classroom. Oxford Review of Education, 40(3), 331–348. https://doi.org/10.1080/03054985.2014.911725
Mohamed, F. T., Olamo, T. G., & Yemiru, M. A. (2025). Effect of differentiated instruction on primary EFL students’ writing performance and perception: The case of grade 7 students in Hawassa city, Ethiopia. Social Sciences and Humanities Open, 11(December 2024). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101230
Nisa, K. (2023). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum: Antara KBK, KTSP, K13 Dan Kurikulum Merdeka. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i2.21603
Oktaviani, D., & Satanti, S. (2024). Improving Unplugged Computational Thinking Skills Through Integrated Problem-Based and Differentiated Learning in Indonesia. Acta Paedagogica Vilnensia, 52, 93–110. https://doi.org/10.15388/ActPaed.2024.52.10
Sari, D. M., Maulida, F., Puspita, J., & Khoirunnisa, N. (2021). A Literature Review of the Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Education Units. 2019.
Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2023). Leading and managing a differentiated classroom. Ascd.
Tyaningsih, R. Y., Baidowi, Azmi, S., & Lu’luilmaknun, U. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) sebagai Sumber Belajar Berdiferensiasi untuk Matematika SMP. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(1), 304–314.
Winarto, W., Kristyaningrum, D. H., Rahayu, R., Hayu, W. R. R., Jumini, S., & Dewi, N. D. L. (2025). Science teachers’ perceptions of differentiated learning: A survey study. Multidisciplinary Science Journal, 7(2). https://doi.org/10.31893/multiscience.2025101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salman Yafi, Sasmi Nelwati, Muhammad Kosim, Milya Sari, Radhiatul Hasnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.