IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Husaini Husaini Universitas Sains Cut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.42663

Keywords:

PjBL, Pendidikan Pancasila, Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Pancasila dengan menerapkan metode Project Based Learning (PjBL) menerapan Sila Pancasila didalam kehidupan sehari-hari". Penelitian ini menggunakan metode yang descriptive kualitatif yang menggunakan teknik triangulasi untuk memperoleh dan mengolah data.  Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester satu Universitas Sains Cut Nyak Dhien. Yang berjumlah 25 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Project Based Model pembelajaran pembelajaran dapat memunculkan keterampilan dan kreativitas siswa membuat proyek dan 98% kemampuan mahasiswa meningkat terkait pemahaman tentang pentingnya belajar Pendidikan Pancasila.

References

AinaNurdiyanti, AndiAcoAgus, MirwanFikriMuhkam, & AsepIkbal. (2023). PenerapanProjectBasedLearningPadaMataKuliahPancasilaDalamMemperkuatCivicEngagementMahasiswa. JurnalPendidikanIlmuPengetahuanSosial(JPIPS), 15(1).

Audita Hani Wijaya Putri, Putri Aulia Maharani, & Andika Adinanda Siswoyo. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING DENGAN PENILAIAN TES (URAIAN SINGKAT) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS 2. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 2(12).

Deklay Nainggolan, Pontororing, H. F., & Dominicus Tinus. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENGANTAR PANCASILA. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2).

M. Salam, & Anny Wahyuni. (2021). Model Project Based LearningBerbasis Infografis pada Mata Kuliah Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah. Jurnal BASICEDU, 5(6).

Nuraini. (2023). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dengan Lesson Study. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4).

Randy Fadillah Gustaman, Kosasih Adi Saputra, & Iwan Ridwan Paturochman. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATAPELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA. Urnal Wahana Pendidikan, 10(2).

Rian Novita, Cirtye Labesani, Andi Sahtiani Jahrir, Atika Novince, Efrina Jon, & Heru Widyo. (2024). mplementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyekuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1).

Sylva Maharani Putri, Wiwik Wahyu Widiastuti, & Vivi Astuti Nurlaily. (2024). IMPLEMENTASIPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROYEK MENGGUNAKANMEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).

Uci Dwi Cahya. (2023). Innovation of Pedagogy: Development of Digital Clas sroom to Increasing Student’s In Foreign Language Profiency. International Journal of Paedagogy, 1(2).

Umi Chotimah, Hermi Yanzi, Sri Sumarni, Syarifuddin, & Joshua Ritonga. (2023). Implementation of Project-Based Learning Styles and Multiple Learning Objects to Promote the Pancasila Student Profile. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(3).

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Husaini, H. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3907–3912. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.42663

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.