ANALISIS DIMENSI KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI TK KARUNIA MEDAN JOHOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43168Keywords:
Dimensi Kreatif Anak, Projek Penguatan Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dimensi kreatif anak usia 5-6 tahun pada indikator Menghasilkan Karya dan Tindakan Yang Orisinil dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di TK Karunia Medan Johor. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa: 1) dimensi kreatif anak pada indikator menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil dengan deskriptor anak mampu menciptakan gambar sesuai dengan konteks yang dimunculkan 2 orang anak yang belum muncul dalam mencitakan gambar sesuai dengan koteknya dan 10 orang anak yang sudah muncul dalam menciptakan gambar sesuai dengan konteksnya. 2) dimensi kreatif anak pada indikator menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil dengan deskriptor anak mampu mengapresiassi hasil karyanya sendiri menunjukkan 3 oarang anak yang masih belum muncul dalam dirinya untuk mengapresiasi hasil karyanya sendiri dan 9 orang anak yang sudah muncul dalm dirinya untuk mengapresiasi hasil karyanya sendiri.References
Andriani, S., Dwi, W., & Yusuf, T. H. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Diputera, dkk. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas. 8(1), 1-12.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Pedoman Penerapan Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3219
Listia, W. N dkk. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan PAUD. Yogyakarta: Madani Berkah Abadi.
Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Sherly., & dkk. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila Di SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(3), 282-289.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, U., & Desinta, D. R. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12-28.
Tanjung, S. H. (2022). Kemampuan Anak Dalam Mengkomunikasikan Masalah. Journal of Dehasen Education Review. 1(1). 5-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Fuji Lestari, Wan Nova Listia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.