MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22694Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran problem based learnning materi listrik kelas VI UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.References
Abimanyu, Soli., dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas
Hisbullah dan Burhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Sulawesi: Penerbit Aksara Timur
Resti, Ardianti dkk. 2021. Problem Based Learning Apa Dan Bagaimana. Physics Education And Applied Physics, 3(1) : 31-35.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samotawo, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
Sardiman, AM. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Bumi Aksara.
Yurista, R. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zebua, Try Gunawan. 2020. Studi Literature Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Bogor: Geupedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aqilah Salsabila, Nur Fitrah Julianti Patta, Mufidatul Asmi, Sri Wahyuni, Syamsuriyanti Syamsuriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.