PENERAPAN METODE OUTING CLASS BERBANTUAN EKSPERIMEN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI

Authors

  • Sri Wahyuni STKIP HAMZAR

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45271

Keywords:

Metode Outing Class, Eksperimen Sains, Kecerdasan Naturalis

Abstract

Kecerdasan naturalis merupakan salah satu kecerdasan yang sangat penting dimiliki oleh anak agar mampu mengenali lingkungannya secara optimal. Menstimulus kecerdasan naturalis berarti mengembangkan minat dan bakat anak sehingga dimasa depan melahirkan ahli pada bidang yang berhubungan dengan lingkungan, seperti ahli geologi, astronomi, dan pencinta alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode outing class berbantuan eksperimen sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tahapan penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di KB Darul Faqih Bagek Rebak yang berjumlah 14 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kecerdasan naturalis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan kecerdasan naturalis anak pada siklus I sebesar 57,14 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71 %. Hal ini membuktikan bahwa metode outing class berbantuan eksperimen sains dapat meningkatkan kecerdasan naturalis yaitu pada indikator melakukan kegiatan menjelajah lingkungan dengan semangat, membuang sampah pada tempatnya, mengelompokkan benda-benda yang mudah terbakar dan sulit terbakar, dan melakukan eksperimen dengan antusias.

References

Aprilia, I., & Lokollo, L. J. (2023). Peningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di TK Negeri Satu Atap Unit X Kecamatan Waelata Kabupaten Buru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 642-653.

Aprilianti, K., Kurnia, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Media Scan Cards Augmented Reality terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Education, 6(01), 3926-3935.

Cinantya, C. (2022). Pembelajaran Sains Berbasis Kegiatan Bermain Kreatif di Lingkungan Lahan Basah untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 449-456.

Farida, H., Putri, S. U., & Muqodas, I. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM Menggunakan Media Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Jurnal Smart Paud, 6(2), 122-133.

Herwati, Y. (2019). Pengaruh permainan ludo bergambar terhadap kecerdasan naturalis anak di taman kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428.

Jahroh, S., & Widyastuti, A. (2024). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun melalui bermain sains di Paud Al Irsyad. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 5(1), 148-154.

Jannah, R. R., & Fidasta, F. (2020). 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences.

Kaswati, T., Tanto, O. D., & Kusumastuti, N. (2024). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak melalui Kegiatan Outing Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(1), 27-35.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode pembelajaran outing class pada kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22-31.

Mutiara, R. (2022). Penerapan Metode Outing Class Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bela Dina Binjai Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Ningrum, N. S., & Santana, F. D. T. (2022). BELAJAR DARI RUMAH: IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(4), 392-398.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Pujiati, A., & Wulansari, B. Y. (2023). Kegiatan Bercocok Tanam untuk Anak Usia Dini dalam Local Wisdom Outing Class di Eduwisata Ndalem Kerto. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 81-90.

Saripudin, A. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 73-84.

Suciati, N. K. (2023). Dampak Metode Outing Class Learning Berbantuan Media Lingkungan Hidup Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Kelas IV. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 230-239.

Utami, F. (2020). Pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551-558.

Wahyuni, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 339-346.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Wahyuni, S. (2025). PENERAPAN METODE OUTING CLASS BERBANTUAN EKSPERIMEN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5162–5167. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45271

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)