LITERATUR REVIEW: IMPLEMENTASI MODUL IPA BERBASIS ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28916Keywords:
Etno-stem, Keterampilan Berpikir Kreatif, Modul IPAAbstract
Pembelajaran sains atau IPA dengan menggunakan EtnoSTEM dengan memanfaatkan budaya dan bahan asli di lingkungan sekitar serta pemanfaatan teknologi, sains, rekayasa dan matematik mampu membuat para siswa memahami materi pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas secara sistematis ruang lingkup penelitian mengenai Modul IPA, etno-stem, dan keterampilan berpikir kreatif. Artikel ini dikembangkan menggunakan prosedur modifikasi yang diadopsi dari desain PRISMA (Preferred for Systematic Review and Meta-Analyses), dengan tiga langkah sistematis yang dimulai dengan proses identifikasi, penyaringan dan inklusi. Jumlah artikel yang diambil sebanyak 150 artikel dengan tahun terbit 2019 hingga 2024. Berdasarkan tiga langkah analisis sistematis pencarian literatur, terpilih 10 artikel yang layak dijadikan referensi pencarian artikel. Penerapan penelitian etno-STEM dalam pembelajaran IPA tahun 2019-2024 lebih didominasi oleh pengembangan pengetahuan asli menjadi sains berbasis etno-STEM. Berdasarkan temuan peneliti diharapkan dapat menjadi literatur dan pandangan bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam mengkaji penelitian baru dalam pembelajaran sains berbasis etno-STEM sehingga dapat membantu mengembangkan kompetensi ilmiah siswa.References
Ahmad, D. N., Marhento, G., Gresinta, E., Setyowati, L., & Risdiana, A. (2023, December). Pembelajaran Etnostem Dalam Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 4, No. 1).
Al Idrus, S. W. (2022). Implementasi STEM terintegrasi etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan meta analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370-2376.
Anikarnisia, N. M., & Wilujeng, I. (2020). Need assessment of STEM education based on local wisdom in junior high school. The 5th International Seminar on Science Education, Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1440/1/012092
Aswirna, P. (2022). Pengembangan e-modul berbasis etno-STEM berbantuan canva terintegrasi gordang sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. JURNAL CERDAS MAHASISWA.
Eris, N., Andayani, Y., & Hakim, A., (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice, 4 (2), 2021 - 107
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Isnaniah, N., & Masniah, M. (2022). Pembelajaran Fisika Berbasis Etmo-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 2(1).
Karim, S., Kandowangko, N. Y., & Lamangantjo, C. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 134-142.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Kousha, K., & Thelwall, M. (2019). Can Google Scholar and Mendeley help to assess the scholarly impacts of dissertations? Journal of Informetrics, 13(2), 467–484. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.joi.2019.02.009
Muizz, A. M. A., & Prahani, B. K. (2023). Literature Review: Penggunaan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1905-1914.
Muyassarah, A., Ratu, T., & Erfan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 1–6.
Nurhasnah, N., Azhar, M., Yohandri, Y., & Arsih, F. (2022). Etno-STEM dalam pembelajaran IPA: A systematic literature review. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147-163.
Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran IPA berbasis ethno-stem berbantu mikroskop digital untuk meningkatkan keterampilan proses sains di sekolah perbatasan. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99-104.
Rahman, A., Suharyat, Y., Ilwandri, I., Santosa, T. A., Sofianora, A., Gunawan, R. G., & Putra, R. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh pendekatan STEM berbasis etnosains terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2111-2125.
Saputro, A. N. C., Suhelayanti, S., Chabibah, N., Bermuli, J. E., Sinaga, K., Fauzi, A., & Fayanto, S. (2021). Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis.
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas pembelajaran IPA berbasis etno-STEM dalam melatihkan keterampilan berpikir analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1-9.
Yuliana, I., Cahyono, M. E., Widodo, W., & Irwanto, I. (2021). The Effect of Ethnoscience-Themed Picture Books Embedded Within Context-Based Learning on Students' Scientific Literacy. Eurasian Journal of Educational Research, 92, 317-334.
Zakaria, Z. (2021). Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 81-90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erica Meilia Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.