MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22714Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan persentase 85% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dan meningkat menjadi 94% pada siklus III. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.References
Agustami, dkk. 2021. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Prodi pendidikan matematika, 3(1) : 224-226.
Agustiani, dkk. 2022. Filsafat Pendidikan Matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Chaerul, Huda Dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di SMK Negeri 1 Surakarta. Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1) : 41.
Husnul, Hotimah. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi, 7(3) : 6-8.
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1) : 22.
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1) : 29.
Marhamah, Saleh. Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem Based Learning. Didaktika, 14(1) : 204.
Resti, Ardianti dkk. 2021. Problem Based Learning Apa Dan Bagaimana. Physics Education And Applied Physics, 3(1) : 31-35.
Zebua, Try Gunawan. 2020. Studi Literature Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Bogor: Geupedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfa Hamidatul Mufarida, Silvana Hamid, Qalbi Abd. Aziz, Nuzalia Nuzalia, Syamsuriyanti Syamsuriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.