PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN BULYYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Yana Sahana Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Roudlotul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Silvia Faiqotul W Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28677

Keywords:

Permainan Ular Tangga, Bulyying, Sekolah Menengah Pertama.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan klasikal yang diberikan di SMP Negeri 1 Lamongan. Hal ini juga berupaya untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pemanfaatan permainan ular tangga sebagai media implementasi layanan agar siswa lebih memahami bulyying. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Terdapat tiga metode digunakan untuk memperoleh data: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Metodologi triangulasi merupakan metode keabsahan data yang digunakan oleh penelitian ini. Hasil penelitian penggunaan permainan ular tangga sebagai media untuk membantu siswa memahami bulyying. Serta memiliki dampak positif yaitu siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.  Kedua, siswa dapat lebih paham tentang materi bulyying, serta terdapat manfaat lain seperti melatih kerjasama, melatih keterampilan sosial, melatih berempati dan belajar tentang aturan dan batasan dalam permainan. Kemudian dampak negatif adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengkondisikan siswa dalam proses pemberian layanan. 

References

Agisyaputri, E., Nadhirah, N., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bulyying pada remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 19-30.

Bahiroh1, A & Sari, A.D (2023). Systematic Literature Review: Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1 No 1 Tahun 2023.

Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Empati, J., Hanitis, P. M., & Setyawan, I. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Intensi Bulyying Pada Siswa Sd Islam X. Empati, 4(1).

Nisa, K., & Zakiyaturrosyidah. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–57.

Pratiwi, Z., & Buchori, S. (2023). Meningkatkan pemahaman siswa tentang bulyying dengan media ular tangga anti bulyying. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 275-282.

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Sabila, S., NM, K. N., Ayunda, S. S., & Khasanah, N. (2021, December). Pengaplikasian Pengaplikasian Game Edukasi (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik: Pengaplikasian Game Edukasi (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 499-518).

Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bulyying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97-100.

Sugiono, Metode penelitian kombinasi, Bandung : Alfabeta, 2017.

Syukurti, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar (Studi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 31-37.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Sahana, Y. ., Wahyuni, S. ., Jannah, S. R. ., & W, S. F. . (2024). PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN BULYYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6187–6192. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28677