ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SITUS BERITA ONLINE KAPANLAGI.COM DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17943Keywords:
Ejaan, Penulisan Huruf, Tanda Baca, Dan Kata BakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan ejaan pada situs berita berbasis internet Kapanlagi.com pada hiburan berbasis web Facebook. Strategi pemeriksaan menggunakan investigasi penjelasan subjektif. Penyelidikan informasi menggunakan aturan EYD 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan ejaan yang digunakan pada situs berita berbasis web Kapanlagi.com. Kesalahan tersebut antara lain penggunaan huruf kapital, huruf miring, aksentuasi koma, tanda hubung, dan aksentuasi elipsis. Pemanfaatan jeda penuh dan aksentuasi pernyataan ganda sesuai aturan EYD. Penggunaan kata tidak baku masih ditemukan pada teks berita yang dipengaruhi oleh komponen lokal dan susunan kata yang tidak sesuai dengan referensi Kata Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan yang telah diangkat pada segmen sebelumnya, maka kajian penggunaan ejaan dalam hal penyusunan huruf, penyusunan kata, penyusunan komponen asimilasi, dan penggunaan aksentuasi menjadi penting dalam kajian “Pemanfaatan Ejaan pada Halaman Web Berita Berbasis Web Kapanlagi.com di Facebook Virtual Entertainment".References
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kosasih, E. 2012. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
KN, Anton Mabruki. (2018). Produksi Program TV Non-Drama. Gramedia.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Sugiarto, Eko. 2012. Master EYD. Yogyakarta: Khitah Publishing.
Suryawati, Indah. (2011). Jurnalistik:Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ananda Putriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.