PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III PONTIANAK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22350Keywords:
Pengaruh, Problem Based Learning, Tematik, Hasil Belajar Kognitif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SD Negeri 11 Pontianak Timur. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design jenis non equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik dari dua kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III A berjumlah 28 siswa dan siswa kelas VB berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas eksperimen 75,25 dan rata-rata tes akhir kelas kontrol 70,93. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung = 2,06 sedangkan untuk dk (28+28-2=54) dengan taraf signifikan ? = 5 % diperoleh ttabel = 1,6749. yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima ini membuktikan terdapat pengaruh penggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES= 0,55 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SD Negeri 11 Pontianak Timur.References
Jannah, F., Radiansyah, R., Sari, R., Kurniawan, W., Aisyah, S., Wardini, S., & Fahlevi, R. (2022). Pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 189–197. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8533
Ariyana, Y. P., A. Bestary., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Verrawati, A. J., & Mustadi, A. (2015). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam pelaksanaan model pembelajaran Tematik integratif di SD. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(11), 1-15.
Syafnidawaty, (2020, November). Model Pembelajaran Konvensional. Universitas Raharja. Diunduh di https://raharja.ac.id/2020/11/17/model-pembelajaran-konvensional/.
Nurlaela, L., Samani, M., Asto, I. G. P., & Wibawa, S. C. (2018). The effect of thematic learning model, learning style, and reading ability on the students’ learning outcomes. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 296, No. 1, p. 012039). IOP Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gita Adlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.