UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS 3B DI SD NEGERI 2 ABEPURA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Antonius Rahayaan Rahayaan Universitas Cenderawasih
  • Rio Wakhid Hujjatul Islam Universitas Cenderawasih
  • Andi Syaiful Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21457

Keywords:

Kebugaran Jasmani, Pendekatan Bermain, Pendidikan Jasmani

Abstract

Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Abepura, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pendekatan bermain pada siswa kelas 3 B di SD Negeri 2 Abepura tahun pelajaran 2023/2024?  (2)  Apakah penggunaan model pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil kebugaran jasmani pada siswa kelas 3 B di SD Negeri 2 Abepura tahun pelajaran 2023/2024?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain pada siswa kelas 3 SD 2 Negeri 2 Abepura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3B SD Negeri 2 Abepura berjumlah 29 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian dan pembahasan: (1) Peserta didik menunjukkan semangat  yang tinggi dan keterlibatan secara aktif  dalam mengikuti proses pembelajaran, (2) Adanya peningkatan kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain pada siswa kelas 3B SD Negeri 2 Abepura, dengan klasifikasi baik di siklus I sebesar  41% sebanyak 12 siswa dari 29 siswa dan meningkat di siklus ke II sebesar 76% sebanyak 22 siswa dari 29 siswa. Berdasarkan hasil dan data penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa adanya peningkatan kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Abepura.

References

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru. Cetakan Keempat. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 1999. Tes Kesegaran Jasmani Untuk Remaja Usia 13- 15 Tahun. . Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani Dan Rekreasi.

Isyani, I., & Esser, B. (2017). Pengaruh Latihan Model Bermain Terhadap Kemampuan Melempar Bola dalam Permainan Bocce pada Anak Tunagrahita. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2).

Rima Febrianti. 2010. Kontribusi Metode Bermain Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMP PGRI Petanahan Kabupaten Kebumen Tahun 2009. Skripsi. Semarang. FIK. Unnes.

Rio Wakhid. (2023). The Influence of Traditional Sports Invitation on Interest in Learning Physical Education Junior High School Students in Jayapura City. Journal of Physical Education, 12(2), 187–193. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Sesfa’o, A. (2018).Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan. 5(3).

Winnick, J. P & Short, F. X (2014). The Brockport Physical Test Manual. 2nd Ed Champaign, IL: Human Kinetics

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Rahayaan, A. R., Islam, R. W. H. ., & Syaiful, A. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS 3B DI SD NEGERI 2 ABEPURA TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1854–1862. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21457

Most read articles by the same author(s)