UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LONG SERVIS FOREHAND BULUTANGKIS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA JAYAPURA

Authors

  • Endah Wahyuningtyas Universitas Cenderawasih
  • Rio Wakhid Hujjatul Islam Universitas Cenderawasih
  • Heppy Hein Wainggai Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31620

Keywords:

Metode Drill, Bulutangkis, Long Servis Forehand

Abstract

Permainan bulutangkis ini di latar belakangi dengan beberapa factor penyebab antara lain siswa kurang tepat memegang raket ada juga saat memukul shuttlecock dan tidak mengenai bidang raket tetapi juga ada sebagian siswa yang bisa melakukan long servis forehand yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode drill dapat meningkatkan long servis forehand. Jenis penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) dengan metode penelitiqan tes dan pengukuran kuantitatif dengan subjek penelitian 40 siswa. Penilaian mengacu pada nilai atau kriteria siswa yang telah berhasil dan siswa yang belum berhasil dirangkum sebagai berikut: keberhasilan siklus I 18 siswa (45%) dan tidak berhasil 22 siswa (55%)dan pada keberhasilan siklus II 40 siswa (100%). berdasarkan hasil penelitian yang telah  di lakukan, maka hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa teknik long servis forehand bulutangkis melalui metode drill pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura, yaitu dari hasil siklus I di peroleh sebanyak 18 siswa (45%) tuntas dan sebanyak 22 siswa (55%) tidak tuntas. Kemudian lanjut siklus II dengan hasil menunjukan sebuah peningkatan sebanyak 40 siswa (100%) tuntas.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Wahyuningtyas, E. ., Islam, R. W. H. ., & Wainggai, H. H. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LONG SERVIS FOREHAND BULUTANGKIS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA JAYAPURA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10202–10207. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31620

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)