STUDI KASUS MAHASISWA PENJASKESREK ANGKATAN 2021 : ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA PENJASESREK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21299Keywords:
Pendidikan jasmani, Literasi, Membaca, Menulis.Abstract
Kemampuan literasi mahasiswa penjaskesrek memprihatinkan hal ini nampak dari tulisan mahasiswa yang dikumpulkan pada tugas yang diberikan dosen. Banyak dosen mengeluhkan tulisan mahasiswa yang tidak dapat dibaca karena tidak jelas reliefnya. Saat perkuliahan ketika dosen meminta mahasiswa untuk merefleksikan perkuliahan ataupun mendiskusikan materi yang dibahas banyak sekali mahasiswa yang dalam berbicara tidak terstruktur kalimatnya. Mahasiswa cendereung pasif saat perkuliahan dikarenakan kurang memahami perkuliahan yang diberikan walaupun dosen sudah menggunakan model pengajaran yang sesuai dengan klasisfikasi mahasiswa. Jawaban atas ujian yang diberikan juga terlalu konseptual, pengembangan atas buah pikiran dari konsep dasar yang diberikan tidak bisa dikembangkan oleh mahasiswa. Data kuantitatif yang dipersepsikan secara deskriptif adalah pendekatan yang dilakukan secara deskriptif kuanti. Data yang disebar melalui google form kepada setiap sampel mahasiswa menggunakan penilaian skala likert dengan 5 kategori nilai . Dengan penilaian 1 (TP-Tidak Pernah), 2 (J- Jarang), 3 (KK-Kadang kadang), 4 (S-Selalu). Adapun indikator mengukur kemampuan literasi mahasiswa menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Association College and Research Libraries Kemampuan Membaca dan Kemampuan Menulis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diprogram studi penjaskesrek masih terdapat mahasiswa yang memiliki kemampuan literasi yang rendah. Rendahnya kemampuan literasi ini adalah akibat dari faktor-faktor pendukungnya yang tidak berjalan dengan optimal. Perlunya perhatian dan tindakan dari segenap lapisan yang ada di dunia pendidikan terlebih lagi lingkungannya. Agar fenomena ini dapat teratasi dan menjadikan pendidikan di tanah papua menjadi lebih baik.References
Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sma Terhadap Mata Pelajaran Fisika Pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104. Https://Doi.Org/10.52434/Jpif.V2i1.1599
Amalia, N., & Siregar, A. (2018). Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona). File:///C:/Users/Asus/Downloads/Pesona,+Journal+Manager,+7.Pdf
Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3). File:///C:/Users/Asus/Downloads/182-187.Pdf
Brown, E., & Pierce, J. E. (2022). Covid-19 And Academic Libraries 2020 Acrl Academic Library Trends And Statistics Survey Highlights And Key Edi Findings. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5860/Crln.83.4.145
Faqih, F. I., & Setyawan, A. (2022). Penguatan Literasi Wisata Budaya Madura Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pengaktualan Kuliner Pulau Mandangin Sebagai Pendukung Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 85–96. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.7451
Jayusman, I. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Halaman | 13 Jurnal Artefak, 7(1). Https://Jurnal.Unigal.Ac.Id/Index.Php/Artefak
Kadi, T., Samarinda, I., Timur, K., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan?: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. 01(02). Https://Jurnalnu.Com/Index.Php/As/Article/View/32/23
Noor Fitri, E. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal Of Student Research (Jsr), 1(1), 129–140. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55606/Jsr.V1i1.960
Putri, A. (2022). Penerapan Rational Emotive Therapy Dalam Budaya Masyarakat Jawa Mengenai Larangan Memakai Baju Hijau Di Pantai Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9641–9645. File:///C:/Users/Asus/Downloads/Astuti,+147.+Jurnal+Kelompo+9641-9645.Pdf
Rifa Aulia, M. (2022). Perancangan Aplikasi Digital Arsip Kampus Dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Dan Dosen Di Perguruan Tinggi. Jurnal Maklumatika, 9(1), 35–44. Https://Maklumatika.I-Tech.Ac.Id/Index.Php/Maklumatika/Article/View/131/134
Rohman, A. (2022). Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 40–47. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Eunoia/Index
Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Lestari Santoso, N. P. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Ilearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. Adi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55. Https://Doi.Org/10.34306/Adimas.V2i2.567
Saparia, A. (2023). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Aspek Geografis (Studi Pada Anak Usia Dini Daerah Pesisir Dan Pegunungan). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2811–2819. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i3.4381
Singarimbun, M. (2006). Metode Penelitian Survai (B. Soetedjo, Ed.; 10th Ed.). Lp3es.
Tobiason, A. (2022). Unpacking White Language Supremacy In The Acrl Framework For Information Literacy Item Type Proceedings; Text Under A Creative Commons Attribution-Noncommercial-Sharealike 4.0 International License (Cc By-Nc-Sa 4.0). Https://Nativegov.Org/News/Beyond-
Wahyuni, A. T. (2023). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Wajib Belajar 12 Tahun Melalui Seminar Pendidikan Di Desa Jayasari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(1), 446–453. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V4i1.867
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rio Wakhid Hujjatul Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.