PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20721Keywords:
Profesionalisme Guru, Mutu Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini 386 kepala sekolah dan guru dan sampel penelitian 196 kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas.Uji hipotesis pada penelitian ini meliputi uji korelasi, uji F (anova), uji R2 (summary), dan uji t (koefisien regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar sebesar 0,819, termasuk dalam kategori kuat dengan pengaruh sebesar 67,1%.References
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Pt. Prestasi Pustakarya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. 15. Jakarta : Rineka Cipta
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Ri No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Karena Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta: Depdiknas
Ratna Dewi, Sita Husnul Khotimah. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Disiplin Kerja Terhadap Mutu Pendidkan Di Sekolah Dasar. Elementary Islamic Teacher Journal. Volume 8 No. 2
Sabar Budi Raharjo, Et Al. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan. Badan Penelitian Dan Pengembangan : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surahman. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta : Pusdik Sdm Kesehatan
Sutiono. 2021. Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Islam. Halaman 16-25. 2721-2521
Triatna, Cepi. 2015. Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
Usman, H. 2014. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Titis Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.