ANALISIS IMPLIKASI KONSEP KODRAT ZAMAN DAN TRI PUSAT PENDIDIKAN KHD DI SMKN 1 SEDAN

Authors

  • Lilik Herawati Universitas PGRI Semarang
  • Novitasari Triyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Kundiastuti Kundiastuti Universitas PGRI Semarang
  • Erik Darius Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30065

Keywords:

Kodrat Zaman, Tri Pusat, KHD

Abstract

Tujuan penelitian pada penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana konsep kodrat zaman dan tri pusat pendidikan KHD diterapkan di SMKN 1 Sedan. 2) Untuk mengetahui bagaimana konsep kodrat zaman dan tri pusat pendidikan KHD diterapkan di lingkungan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis pendekatan penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di SMKN 1 Sedan Kabupaten Rembang. Subjek dari penelitian ini adalah Bapak/Ibu guru, peserta didik, dan orangtua/wali serta masyarakat di SMKN 1 Sedan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yang berarti menghimpun dan mendiskripsikan data faktual. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:1) Konsep kodrat zaman dan tri pusat pendidikan KHD sudah diterapkan di SMKN 1 Sedan namun belum maksimal. 2)Konsep kodrat zaman KHD diterapkan di lingkungan pembelajaran dengan diterapkannya kurikulum merdeka dan tri pusat pendidikan KHD diterapkan dengan melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mendidik peserta didik.

References

Amalia dan Suyono. 2023. Penyusunan Instrumen Penelitian Konsek, Teknik, Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Contoh Instrumen Penelitian. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management

Anggito dan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Anshori dan Iswati. 2019. Buku Ajar Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR

Ardhitasari, Cintya Prima. 2023. https://www.kompasiana.com/cintyaprimaardhitasari/63cb47252d107e270b7ba322/mengenal-kodrat-alam-dan-kodrat-zaman-ki-hajar-dewantara-serta-relevansinya-dengan-kurikulum-merdeka diakses tanggal 15 April 2024 jam 14:47

Bausir, Usman. 2023. Menggerakkan Pendidikan Indonesia: Penguatan Nilai-nilai Karakter Pendidikan untuk Membangun Generasi Emas. Indramayu:CV. Adanu Abimata

Hotimah, Dinda Husnul. 2022. Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Medan: Guepedia

Irianti dan Mufaridah. 2024. Penguatan Literasi Baru (Literasi Data,Teknologi, dan Sdm/Humanisme) pada Guru -Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas PUB MEDIA, 1(2), 2.

Lase Delipeter. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sunderman,

Lukum, Astin. 2019. Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan Solusinya. Jurnal fkip unmul, 2, 2.

Nugroho, Agung. 2011. Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: UNNES

Nurhayati, Rani. 2021. Road to Guru Penggerak. Bogor: Guepedia

Ramadan, Fariz, Awalia dkk. Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Ar-Raniry

Rustiyarso dan Wijaya, Tri. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah

Tarigan, Alvindi dkk. 2022. Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal PGSD, 2.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Pengembangan Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Siyoto dan Sodik. 2015. Dasar Metode Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing

Solikhin, Asep Sakban. 2024. https://www.melintas.id/pendidikan/344154024/6-cara-menghubungkan-dasar-pendidikan-murid-dengan-kodrat-alam-dan-kodrat-zaman-sesuai-pemikiran-ki-hadjar-dewantara?page=2 diakses tanggal 15 April 2024 jam 18:32

Suherman, Eman. 2022. Mendidik Anak Sesuai Kodrat Alam dan Kodrat Zaman. https://www.inatimes.com/mendidik-anak-sesuai-kodrat-alam-dan-kodrat-zaman/ diakses tanggal 15 April 2024 jam 18:44

Utami, Silmi Nurul. 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/27/185046269/tiga-lingkungan-tri-pusat-pendidikan diakses tanggal 28 April 2024 jam 20:55

Wiryopranoto, Suhartono, Herlina dkk. 2017. KI HAJAR DEWANTARA “Pemikiran dan Perjuangannya”. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Herawati, L. ., Triyastuti, N. ., Kundiastuti, K., Darius, E. ., & Soedjono, S. (2024). ANALISIS IMPLIKASI KONSEP KODRAT ZAMAN DAN TRI PUSAT PENDIDIKAN KHD DI SMKN 1 SEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8478–8484. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30065

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)