ANALISIS IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39735Keywords:
Kepemimpinan Sekolah, Kepemimpinan TransformasionalAbstract
Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan vital dalam keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan. Salah satu pola kepemimpinan yang relevan dengan kondisi saat ini yaitu kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan ini berpusat pada perubahan dengan memberikan inspirasi pada anggota untuk berjuang mencapai visi yang ditetapkan. Namun, pada kenyataannya masih banyak kepala sekolah yang belum mampu menerapkan kepemimpinan ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan referensi terkait kepemimpinan trasnformasional. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan kepemimpinan transformasional. Kepala sekolah selalu berupaya untuk menciptakan kondisi sekolah yang kondusif serta selalu memberikan dukungan kepada guru untuk selalu meningkatkan keterampilannya. Komunikasi secara terbuka juga dilakukan sebagai bentuk pemberian ruang terhadap guru untuk berpartisipasi. Kepala sekolah berusaha untuk menghargai guru dan melibatkan guru dalam kegiatan sekolah.References
Ashlan, S & Akmaluddin. 2021. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Makassar: Yayasan Barcode
Azhar, S. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam). Journal-uin-alauddin.ac.id, 1(V)
Fiantika, F. R., dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Global Eksekutif Teknologi
Julaiha, S. 2019. Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran. 6 (3)
Nasution, A. F. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative
Pamungkas, A. S., Pitri, N., Gusnidar, G., Afroka, M., Dahlan, M. Z., & Sitopu, J. W. 2023. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1115-1126
Rahlil, M., Wahab, I. A., & Khairani, C. 2024. Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12870-12874
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Alfabeta
Setiawan, B. A., & Muhith, A. 2013. Transformatif Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Suharsaputra, U. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama
Suriagiri. 2020. Kepemimpinan Transformasional. Aceh: CV. Radja Publika
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99-110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kukuh Adi Prasetio, Heru Novianto, Soedjono Soedjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.