ANALISIS IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI PURWOREJO

Authors

  • Kukuh Adi Prasetio Universitas PGRI Semarang
  • Heru Novianto Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39735

Keywords:

Kepemimpinan Sekolah, Kepemimpinan Transformasional

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan vital dalam keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan. Salah satu pola kepemimpinan yang relevan dengan kondisi saat ini yaitu kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan ini berpusat pada perubahan dengan memberikan inspirasi pada anggota untuk berjuang mencapai visi yang ditetapkan. Namun, pada kenyataannya masih banyak kepala sekolah yang belum mampu menerapkan kepemimpinan ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan referensi terkait kepemimpinan trasnformasional. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan kepemimpinan transformasional. Kepala sekolah selalu berupaya untuk menciptakan kondisi sekolah yang kondusif serta selalu memberikan dukungan kepada guru untuk selalu meningkatkan keterampilannya. Komunikasi secara terbuka juga dilakukan sebagai bentuk pemberian ruang terhadap guru untuk berpartisipasi. Kepala sekolah berusaha untuk menghargai guru dan melibatkan guru dalam kegiatan sekolah.

References

Ashlan, S & Akmaluddin. 2021. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Makassar: Yayasan Barcode

Azhar, S. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam). Journal-uin-alauddin.ac.id, 1(V)

Fiantika, F. R., dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Global Eksekutif Teknologi

Julaiha, S. 2019. Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran. 6 (3)

Nasution, A. F. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative

Pamungkas, A. S., Pitri, N., Gusnidar, G., Afroka, M., Dahlan, M. Z., & Sitopu, J. W. 2023. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1115-1126

Rahlil, M., Wahab, I. A., & Khairani, C. 2024. Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12870-12874

Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Alfabeta

Setiawan, B. A., & Muhith, A. 2013. Transformatif Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Suharsaputra, U. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Suriagiri. 2020. Kepemimpinan Transformasional. Aceh: CV. Radja Publika

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99-110

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Prasetio, K. A., Novianto, H., & Soedjono, S. (2024). ANALISIS IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI PURWOREJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18554–18559. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39735

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)