STUDI KORELASI: PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51808Keywords:
Pengalaman Praktik Keterampilan Mengajar, Persepsi Profesi Guru, Minat, Profesi GuruAbstract
Rendahnya minat mahasiswa program studi kependidikan untuk menjadi guru berpotensi mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Minat yang didefinisikan sebagai rasa ketertarikan tanpa adanya paksaan terhadap suatu aktivitas, ditentukan oleh beberapa faktor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengalaman Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru, yang diduga sebagai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap minat mahasiswa untuk menjadi seorang guru. Populasi dan sampel penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Tata Boga angkatan 2020 dan 2021 Universitas Negeri Jakarta berjumlah 84 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran instrumen berupa kuesioner untuk mengukur skor pada pengalaman PKM dan persepsi profesi guru. Metode analisis data digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pengalaman PKM memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa. Persepsi profesi guru dapat meningkatkan minat menjadi guru secara signifikan. Secara simultan pengalaman PKM dan persepsi profesi guru memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru.References
Afdita, Isma trie. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kesejahteraan Guru, Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2018 Universitas Lampung [skripsi]. Lampung: Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung.
Alifia, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh pembelajaran microteaching, praktik lapangan persekolahan, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru SMK akuntansi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).
Ayu, D.P., Hanum, H., Sartika, M., Sinaga, P., & Ramadhana. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Tehadap Minat dan Semangat Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(1).
Azalia, Farah Cantika. (2023). Pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri dan teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Febianti, A. R., Wibowo, A., & Saptono, A. (2024). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Terhadap Intensi Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2020 Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 6(3).
Krisnawati, K., & Siswandari, S. (2024). Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru dan Pengalaman PLP Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Angkatan 2020. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(3).
Pangestu, M. S. (2024). Pengaruh PLP, Persepsi Profesi Guru, dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS [Skripsi]. Solo: Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret.
Putri, A. F. N., Tanzilah, S. A., & Utama, D. H. (2024). Dinamika Minat Menjadi Guru: Pengaruh Persepsi Profesi dan Dukungan Keluarga Melalui Motivasi. Comm-Edu (Community Education Journal), 7(2).
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2).
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ed ke-6. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharti, Rindah. (2022). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan mediasi efikasi diri [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal of Education, 1(1).
Sundari, T., Ningsih, S., Yanti, S., Sari, D. P., & Tonara, A. (2024). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1).
Wahjudi, E. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2).
Wulandari, A., & Handarini, D. (2023). Pengaruh Pengalaman Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Yang Dimediasi Oleh Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 2(2).
Yusdistira, Air Langga. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling [Skripsi]. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saskia Hani Permatasari, Rina Febriana, Mahdiyah Mahdiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




