STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SCHOOL WELLBEING DI SMP N 2 SATU ATAP SLUKE

Authors

  • Darojah Darojah Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Nur Cahyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37811

Keywords:

School Wellbeing, Having, Being, Loving, Health

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang digunakan kepala sekolah dalam mewujudkan school wellbeing di SMP N 2 Satu Atap Sluke, serta mengetahui bagaimana implementasi strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam mewujudkan school wellbeing di SMP N 2 Satu Atap Sluke. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Satu Atap Sluke. Obyek dari penelitian ini adalah analisis strategi kepala sekolah dalam mewujudkan school wellbeing di SMP N 2 Satu atap Sluke, sedangkan subjek penelitian ini adalah bpk/ibu guru dan siswa kelas 8 SMP N 2 Satu Atap Sluke. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan cara menghimpun data-data faktual dan mendiskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah SMP N 2 Satu Atap Sluke cukup efektif dalam mewujudkan school wellbeing di SMP N 2 Satu Atap Sluke, meskipun masih perlu beberapa komponen yang harus dipenuhi

References

Agata, N., & Setiawan, A. (2023). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Mewujudkan School Well-Being di SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Edu Learning: Journal of Education and Learning, 2(1), 85-97.

Anggraeni, N.M.S., & Immanuel, A.S. (2020). Model School Well-Being Sebagai Tatanan Sekolah Sejahtera Bagi Siswa.Psikobuletin: Buletin Ilmiah PsikologiVol. 1, No. 3, September, 2020 (146 –156).

Aziz, N. (2024). Implementasi School Well Being di SMA Negeri 1 Purworejo: Nur Aziz. TIWIKRAMA, 3(1).

Konu, A., & Matti Rimpela. (2002). Well-Being In Schools A Conceptual Model. 17

Konu, A & Rimpela. M. (2002). Well-being in School : A Conseptual Model. Oxford University Press : Health Promotion International.

Rasyid, A. (2020). Konsep Dan Urgensi Penerapan School Well-Being Pada Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(1), 376–382. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.705.

https://mysch.id/blog/detail/124/tugas-kepala-sekolah-menurut-permendikbud. Diakses tanggal 14 oktober 2024.

https://internationalinstituteofresearch.org/journal/index.php/EL/article/view/40/19. Diakses tanggal 21 November 2024.

https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/132-03/948

Diakses tanggal 21 November 2024.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Darojah, D., Cahyaningrum, D. N., & Soedjono, S. (2025). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SCHOOL WELLBEING DI SMP N 2 SATU ATAP SLUKE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3105–3111. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37811

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)