ANALISIS IMPLIKASI KONSEP AMONG DAN PENDIDIKAN HUMANIS KI HAJAR DEWANTARA DI SD NEGERI PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30374Keywords:
Sistem Among, Pendidikan Humanis.Abstract
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara bertujuan untuk menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Namun pada kenyataannya masih banyak satuan pendidikan yang berfokus pada hasil akademis dan prestasi dan mengesampingkan kodrat anak dimana anak mempunyai keunikan masing-masing. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan sistem among dan pendidikan humanis di satuan pendidikan secara konsisten dan komprehensif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa dengan penerapan sistem among dan pendidikan humanis, guru dapat membangun hubungan yang harmonis dengan siswa dan mendidik dengan kasih sayang, lebih mendekatkan diri dengan siswa dan memberikan perhatian secara penuh. Guru dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan kebebasan berekspresi dan berpendapat.References
Akbar, Berlian Iman. 2019. Implementasi Pendidikan Humanis Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran IPS di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Effendy, Thamrin. 2023. “Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara”. Jurnal Multidisiplin Indonesia. 2(6), 1231-1242
Fajri, Suryadi dan Trisuryanti, Tuti. 2021. Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 sampai dengan 2021. Journal Of History and History Education. 3 (1), 18-27
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPPI
Rahardjo, Suparto. 2018. Biografi Singkat 1889-1959 Ki Hajar Dewantara. Jogjakarta: PT Garasi.
Umam, M. K., & Syamsiyah, D. (2020). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 59-81
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kukuh Adi Prasetio, Dewi Nur Cahyaningrum, Nela Veristika, Dwi Ana Suasfifik, Soedjono Soedjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.