ANALISIS IMPLIKASI KONSEP AMONG DAN PENDIDIKAN HUMANIS KI HAJAR DEWANTARA DI SD NEGERI PURWOREJO

Authors

  • Kukuh Adi Prasetio Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Nur Cahyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Nela Veristika Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Ana Suasfifik Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30374

Keywords:

Sistem Among, Pendidikan Humanis.

Abstract

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara bertujuan untuk menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Namun pada kenyataannya masih banyak satuan pendidikan yang berfokus pada hasil akademis dan prestasi dan mengesampingkan kodrat anak dimana anak mempunyai keunikan masing-masing. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan sistem among dan pendidikan humanis di satuan pendidikan secara konsisten dan komprehensif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa dengan penerapan sistem among dan pendidikan humanis, guru dapat membangun hubungan yang harmonis dengan siswa dan mendidik dengan kasih sayang, lebih mendekatkan diri dengan siswa dan memberikan perhatian secara penuh. Guru dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan kebebasan berekspresi dan berpendapat.

References

Akbar, Berlian Iman. 2019. Implementasi Pendidikan Humanis Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran IPS di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Effendy, Thamrin. 2023. “Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara”. Jurnal Multidisiplin Indonesia. 2(6), 1231-1242

Fajri, Suryadi dan Trisuryanti, Tuti. 2021. Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 sampai dengan 2021. Journal Of History and History Education. 3 (1), 18-27

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPPI

Rahardjo, Suparto. 2018. Biografi Singkat 1889-1959 Ki Hajar Dewantara. Jogjakarta: PT Garasi.

Umam, M. K., & Syamsiyah, D. (2020). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 59-81

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Prasetio, K. A. ., Cahyaningrum, D. N. ., Veristika, N. ., Suasfifik, D. A. ., & Soedjono, S. (2024). ANALISIS IMPLIKASI KONSEP AMONG DAN PENDIDIKAN HUMANIS KI HAJAR DEWANTARA DI SD NEGERI PURWOREJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9945–9949. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30374

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)