KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 16 PONTIANAK SELATAN

Authors

  • Kristina Kiki Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20347

Keywords:

Keterampilan, Menulis Deskripsi, Kelas VB

Abstract

Data dalam penelitian ini diperoleh dari SD Negeri 16 Pontianak Selatan pada kelas VB. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas VB SD Negeri 16 Pontianak Selatan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kualitatif namun dilengkapi dengan data yang bersifat kuantitatif. Objek dari Penelitian ini merupakan karangan siswa dari keterampilan menulis deskripsi yang dinilai tahap pramenulis, tahap penulisan dan tahap pascamenulis. Sumber dari datanya adalah siswa kelas VB SD Negeri 16  Pontianak Selatan sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan  tes dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk kata-kata dan nilai rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pramenulis nilai rata-rata yang diperoleh 68,1 termasuk kategori cukup. Tahap Penulisan nilai rata-rata yang diperoleh 69 termasuk kategori cukup. Tahap pascamenulsi nilai rata-rata yang diperoleh 59,1 termasuk kategori kurang. Pada keterampilan menulis deskripsi melalui tahap menulis nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66 termasuk kategori cukup. Memperoleh predikat sangat baik ada 2 siswa. Memperoleh predikat baik ada 3 siswa. Memperoleh predikat cukup ada 17 siswa. Memperoleh predikat kurang ada 10 siswa. Memperoleh predikat sangat kurang ada 1 siswa. Berdasarkan paparan diata masih banyak siswa yang belum paham mengenai materi menulis deskripsi, selain itu masih terdapat siswa yang belum lancar membaca sehingga dalam menulis siswa belum dapat menulis dengan kreatif. Kesulitan lain yang dialami siswa yakni, siswa belum bisa membuat sebuah kalimat yang mudah dipahami dan menlis dengan menggunakan ejaan yang benar.

References

Abdul Haris dan Jihad Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuhdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII.1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 44-58. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.936

Andri Wicaksono, M. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Grundhawaca.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Azizah, I,N.(2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(24). Halaman 314.

Burhan Nurgiantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis.Jakarta: Rajawali Press.

Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1 - 22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175.

Iskandarwassid (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja.

Kusumaningsih, Dewi. dkk. 2013. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.

Sabarti Akhadiah dkk. (1992). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Depok: Rajawali Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Mohammad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syatriana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. PGSD Universitas Tanjungpura.

Tarigan. & Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : angkasa.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Kiki, K. ., Halidjah, S. ., & Pranata, R. . (2023). KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 16 PONTIANAK SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 733–738. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20347

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>