PERANAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA PADA MASA PANDEMIC(KASUS: SMA METHODIST PEMATANG SIANTAR T.A 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20163Keywords:
Kompetensi Kepribadian, Upaya Meningkatkan Pertumbuhan ImanAbstract
Kepribadian Guru PAK sebagai garda terdepan dalam pendidikan memiliki tugas untuk mengajar, mendidik, memberikan arahan serta bimbingan dalam pertumbuhan kerohaniannya, melatih, memberikan penilaian dan evaluasi, memberikan dukungan moral dan mental kepada peserta didik,serta mewariskan iman Kristen . Pembelajaran ini dilakukan pada masa pandemi covid 19 sehingga dibutuhkan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif. Dibutuhkan Pembelajaran daring, sepenuhnya bergantung pada akses jaringan internet. Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif adalah metode dalam meneliti kasus sekelompok manusia, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk data X (Kompetensi Kepribadian Guru PAK) X2hitung = -33,14 sedangkan X2tabel = 12,6. Artinya data X (Kompetensi Kepribadian Guru PAK) berada pada distribusi normal. Untuk data Y (Iman Siswa) Y2hitung= -128,34 sedangkan Y2tabel= 12,6, artinya data Y (Iman Siswa) berada pada distribusi normal.Setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai thitung = 5,91 > ttabel = 1,67, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang baik antara kompetensi kepribadian guru PAK terhadap pertumbuhan iman secara signifikan.Berakhlak Mulia yang akan menunjukkan hasil 2,59 ini berarti Berakhlak Mulia yang diperlihatkan oleh Guru PAK mempunyai hubungan yang signifikan juga terhadap pertumbuhan iman.References
Alkitab (Lembaga Alkitab Indonesia) 2012. Jakarta.
Andar Gunawan Pasaribu. Aplikasi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Alkitabiah. Medan: Mitra
Arikunto, Suharsimi. (1987). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara
B.S. Sidjabat. (2011). Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.
Cahyono, C.H & Suparyo, W. 1985. Tahap-Tahap Perkembangan Moral . Malang: Ikip Malang.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Drie S. Brotosudarmo. (2008). Pendidikan Agama Kristen Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.
Enco Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset Of Values, Attitudes And Personal Qualities. A Review Of Recent Research. Slough: National Foundation For Educational Research.
Harianto, G.P. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia P
Franz Magnis-Suseno. 1987. Etika Dasar: Maalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yokyakarta: Pt. Kanisius
Frank E. Gaebelein. (1962). Towards A Christian Philosophy Of Education. “Grace Journal 3. Eerdmans: Grand Rapids.
Graham, Donovan L. (2009). Teaching Redemptively : Bringing Grace And Truth Into Your Classroom. Colorado Springs: Purposeful Design Publications.
Gregory G Young. Membaca Kepribadian Orang. 2007. Jakarta. Ethink
Gunarsa, Singgih D, & Ny. Singgih D.G. Psikologi Untuk Muda-Mudi. Jakarta : Gunung Mulia, 2004.
Halstead, J. Mark And Taylor Monica J. (2000). The Development Endidikan Masa Kini. Yogyakarta : Andi, 2012
Hariyadi Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
Homrighausen, E.G. Dan Enklaar, I.H. (2012). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Bpk Gunung Mulia. Inter-Varsity Press. (1988). The New Bible Dictionary (Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Jilid 2 M-Z). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.
H. Sunarto & Ny. B Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Hamid, A. Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285. 2017
Jakoep Ezra. (2006). Success Through Character (Sukses Melalui Karakter). Yogyakarta: Andi Offset.
Joyce Meyer. (2002). A Leader In The Making : Essentials To Being A Leader After God’s Own Heart (Pemimpin Yang Sedang Dibentuk). Jakarta: Immanuel Publising House
Enco Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset
Franz Magnis-Suseno. 1987. Etika Dasar: Maalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yokyakarta: Pt. Kanisius
Frank E. Gaebelein. (1962). Towards A Christian Philosophy Of Education. “Grace Journal 3. Eerdmans: Grand Rapids.
Graham, Donovan L. (2009). Teaching Redemptively : Bringing Grace And Truth Into Your Classroom. Colorado Springs: Purposeful Design Publications.
Gregory G Young. Membaca Kepribadian Orang. 2007. Jakarta. Ethink
Gunarsa, Singgih D, & Ny. Singgih D.G. Psikologi Untuk Muda-Mudi. Jakarta : Gunung Mulia, 2004.
Halstead, J. Mark And Taylor Monica J. (2000). The Development Of Values, Attitudes And Personal Qualities. A Review Of Recent Research. Slough: National Foundation For Educational Research.
Harianto, G.P. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta : Andi, 2012
Kewas, J. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Keteladanan Guru Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smk Negeri Tompaso Baru, Ditinjau Secara Teologis Berdasarkan I Timotius 4:12. Ambassadors: Journal Of Theology And Christian Education, 1(2), 47–62.
Siregar, N., Siregar, H., & Hutahaean, H. (2021). Application Of The Picture And Picture Type Of Cooperative Learning Model In Improving Student Learning Creativity. Jtp - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 23–36. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V23i1.20300
Siregar, N. (2018). Mengikuti Teladan Kristus, Partisipasi Terhadap Misi Allah: Catatan Reflektif Seorang Pendeta Batak Http://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/3925%0a Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/3925/Jurnal Sige,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurliani Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.