PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP KELAS VIII” GAJAH MADA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19897Keywords:
Metode Diskusi, Keaktifan Belajar Siswa, Pendidikan Agama KristenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh pengaruh Diskusi Metode Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan. dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan analisis datanya dilakukan dengan penelitian hipotesis yaitu korelasi product moment person dengan alat pengumpul data berupa angket untuk variabel X (Pengaruh Metode Diskusi) dan variabel Y (Keaktifan Belajar). Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Metode Diskusi Pendidikan Agama Kristen terhadap Keaktifan Belajar Siswa digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh uji korelasi (r) sebesar 0,84 dengan uji determinasi sebesar 70,56% dan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria uji jika t_hitung diperoleh dari perhitungan yang lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk = n – 2 maka hipotesis diterima dan ada kasus lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (7,90 > 1,72), sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan hubungan yang signifikan antara pengaruh Metode Diskusi terhadap aktif belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan.References
Abu Ahmadi Dan Widodo Supriyono, 2008, Psikologi Belajar, Rineka Cipta.
Cet.1: Jakarta
Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, And Sari Narulita. "Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Di Sma Negeri 44 Jakarta." Jurnal Studi Al-Qur'an 10.2 (2014): 119-131.
Andini, Selfi Rahmi, Et Al. "Mendesain Pembelajaran Pkn Dan Ips Yang Inovatif Dan Kreatif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5.6 (2021): 5671-5681.
Anwar Muhammad, 2018. “Menjadi Guru Profesional”, Predameria Group
Boehlke, Robert R. “ Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan
Agama Kristen”, Jakarta : Gunung Mulia 2003.
Darmawan Deni, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung.Pt Remaja
Rosadakarya, 2019
Djamaluddin Anhar, 2019, “Belajar Dan Pembelajaran”, Cv: Kaaffah Learning Center
Emmanuella, Theresia, And Imanuel Adhitya Wulanata Chrismastianto. "Penggunaan Metode Diskusi Untuk Mengupayakan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X." Diligentia: Journal Of Theology And Christian Education 5.1 (2023): 1-19
Ermi, Netti. "Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 4 Pekanbaru." Sorot 10.2 (2015): 155-168. File:///C:/Users/Hp/Downloads/Buku%20ptk%20penuh.Pdf
Hamid, Abd. "Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses
Pembelajaran." Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9.2 (2019): 1-16.
Homrighausen Dan Enklaar, “ Pendidikan Agama Kristen ” Cet.31.- Jakarta : Gunung Mulia, 2019.Xi, 182 Hlm.
Indriani, Ari. "Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora." Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 4.2 (2016): 134-139.
Mawardi, Mawardi. "Mengajar Yang Membelajarkan." Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13.1 (2012).
Mudlofir Ali, 2016. “Desain Pembelajaran Inovatif”, Depok: Rajawali Pers
Muzni Irfan Achmad Dan Karwono, 2020, “Strategi Pembelajaran”, Depok: Rajawali Pers
Nasution, Mardiah Kalsum. "Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa." Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11.01 (2017): 9-16
Ningsih, Artya. "Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan." Peka 6.2 (2018): 157-163.
Nofiana, Mufida. "Efektivitas Penerapan Metode Diskusi-Simulasi Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi." Khazanah Pendidikan 10.1 (2016).
Puji Surianti (2019). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas Viii Pai Di Smp Masmur Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Riau Pekan Baru.
Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan, (Jakarta: Prenada Mendia Group, 2015).
Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta Pt Grafindo Persada
Salim Dan Haidir “ Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, Dan Jenis : Jakarta 2019. 254 Hlm.
Setyosari Punaji, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan, Prenadamedia Group: Jakarta
Silalahi J, Siregar N, Pasaribu S, Situmeang E.” Agape. Agama , Pendidikan, Teologi. 2019
Siregar Eveline Dan Widyaningrum Retno” Modul Belajar Dan Pembelajaran
Siregar, Nurliani “ Profesi Kependidikan “ / Cet.1 – Pematangsiantar: Lsapa Stt Hkbp.V Hlm, 199
Sriyono, Dkk. "Teknik Belajar Mengajar Dalam Cbsa." Jakarta, Pt: Rineka
Cipta (1992).
Tinayunanti, M.Si. “Metode Socrates Dalam Pemebelajaran Berpikir Kristis Aplikasi Dalam Matematika” Cet.1 – Yogyakarta : Media Akademik 2016 Xi .70 Hlm.
Undang- Undang Ri No 20 Tahun 2003” Definisi Pendidikan”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kiristi Manullang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.