PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER ( PPT, WORD CLOUD) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS IX SMP SWASTA TALITA KUM MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20873Keywords:
Media Pembelajaran, Mentimeter, Kreativitas Belajar Siswa Pendidikan Agama KristenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta Talita Kum Medan kelas IX. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII dan IX SMP Swasta Talita Kum Medan dimana dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu: Kelas IX sebagai kelas kontrol dimana diajarkan model pembelajaran konversional dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan menlakukan pembelajaran secara konversional dengan menggunakan media pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ). Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji instrumen oleh validitator ahli dal lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata- rata post- test kelas eksperimen adalah 86,33 dengan standart deviasi 7,63. Dari hasil uji hipotesis dengan ? = 0,05 diperoleh? T?_(hitung ) ? T_tabel ( 8,790 > 1,685 ) sehingga H_0 ditolak dan sebaliknya H_a diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran mentimeter ( PPT, Word Cloud ) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pendidikan agama kristen kelas IX SMP Swasta Talita Kum Medan. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori baik.References
Aritonatonang, Keke T. (2018). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan Hasil Belajar Dan Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191–200. Https://Doi.Org/10.33654/Math.V2i3.49
Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Supervisi Akademik. Nusantara (Jurnal Pengetahuan Sosial), 3(1), 37–42. Http://Jurnal.Um-Tapsel.Ac.Id/Index.Php/Nusantara/Article/View/320/265
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Teknik Analisis Data Sudjana. July, 1–23.
Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Guided Inquiry Dipadu Brainstorming Pada Materi Pencemaran Air. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868–872.
Andani, H., & Lutfi, A. F. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Mentimeter Menggunakan Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sma Negeri 1 Mandirancan.
Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 26(2), 287. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V26i2.36923
Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Movie Maker Untuk Siswa Smp Kelas Vii Tahun Ajaran 2015 / 2016. Ucv, I(02), 390–392. Http://Dspace.Unitru.Edu.Pe/Bitstream/Handle/Unitru/10947/Miñano Guevara%2c Karen Anali.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y%0ahttps://Repository.Upb.Edu.Co/Bitstream/Handle/20.500.11912/3346/Diversidad De Macroinvertebrados Acuáticos Y Su.Pdf?Sequence=1&Isallowed=
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Eni. (1967). Interaksi Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Fatmawati, J. (2018). Telaah Kreativitas. Universitas Airlangga, October, 0–21. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/328217424_Telaah_Kreativitas
Febriyanti, C. (2015). Pengaruh Bentuk Umpan Balik Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajara Trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(3), 203–214. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i3.125
Guhuhuku, Y., Ruru, J. M., & Tampongangoy, D. (2019). Community Participation In Development In Naga Village, Ibu Tenggah, West Halmahera District. E-Conversion – Proposal For A Cluster Of Excellence, 1–10.
Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada Sman 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (Jucosco), 1(1), 42–52. Https://Doi.Org/10.31599/Jucosco.V1i1.454
Huriaty Dina. (2010). Mengembangkan Komunikasi Yang Efektif. Al Bidayah, Undefined.
Ibrahim, A., Alang, A. H., & Baharuddin. (2018). Metodologi Penelitian.
Kuritza, V. C., Cibich, D. P., & Ahmad, K. A. (2020). Interactive Presentation Digital Tool Mentimeter Perceived As Accessible And Beneficial For Exam Preparation By Medical Students. Advances In Educational Research And Evaluation, 1(2), 63–67. Https://Doi.Org/10.25082/Aere.2020.02.002
Kusumaningrum, A., Kusumaningsih, W., Saputra, H. Januar, & Rofigun. (2023). Analisis Model Project Based Learning Pada Kreatifitas Siswa Kelas 2 Sdn Karangrejo 02 Semarang Pada Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan. Journal Of Mathematics, 2023. Https://Doi.Org/10.1155/2023/7341285
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Makalah Dipersentasikan. Seminar Nasional Matematika Xv.
Manshur, U., & Rosdiana, H. (2022). Efektifitas Media Mentimeter Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19 Di Mi Al-Huda Pengastulan Seririt Bali. Hijai – Journal On Arabic Language And Literature, 4(2), 180–197. Https://Doi.Org/10.15575/Hijai.V4i2.15732
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., ????, ?., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Karakter Siswa Kelas Viii Smp Swasta Hkbp Sidorame Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 9(2), 25–33. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Metodikdidaktik/Article/Viewfile/3250/2264
Nainggolan, N. (2019). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Anak. Salvation, 1, 6.
Nuretha, E. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara Palembang.
Nuretha, E. R., Fatimah, S., Studi, P., Ekonomi, P., Sriwijaya, U., & Ekonomi, H. B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter Terhadap. 3(1), 13–14.
Pahrun, R. (2021). Volume 01, (1), Maret 2021 Http://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/Dikmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–42.
Pengastulan, M. I. A., & Bali, S. (2021). Hijai – Journal On Arabic Language And Literature | Issn: 2621-1343. 04, 16–17.
Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V4i2.12827
Putri, N. A., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Terhadap Keaktifan, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas X Program Keahlian Multimedia Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video Smk Negeri 7 Malang. Urnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(7), 3062–3068. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id
Rahadian, D. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.
Roestiyah, N. (1994). Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. 41.
Safitri, A. R., Aulia, D. K., Wijaya, A., Wea, P. S., Drupadi, R. R. S. K., Alfiningtias, W., Muliana, Y., & Larasati, Z. W. (2020). Panduan Media Pembelajaran Daring. 1–100.
Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif Dan Subjektif Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Kelas Vii Smp N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99. Https://Doi.Org/10.30595/Mtf.V8i1.8501
Sembiring, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pak ( Studi Kasus?: Smp Negeri 1 Kuta Buluh Kelas Viii ) Skripsi.
Seruni, S., & Hikmah, N. (2015). Pemberian Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 4(3), 227–236. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V4i3.158
Singgih Prihadi, S.Pd, M. P. (2007). Media Pembelajaran. 1–19.
Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Educational Assesment, 2(2), 56. Https://Doi.Org/10.26499/Ijea.V2i2.36
Sugiyah. (2001). Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Gotong Royong Di Desa Bumi Etam Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Pemerintahan Integratif, 7(2), 45.
Sugiyana. (2018). Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa Tunarungu Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dengan Model Pembelajaran Aktif Tipe Snow Ball Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lingkungan Di Smplb Keraton Tahun Pelajaran 2015/2016. Jpm Uin Antasari, 05(2), 30–45.
Suhendar, A., & Mustofa, Z. (2017). Media Pembelajaran Mengenal Bentuk Dan Warna Berbasis Multimedia Pada Ra Al A’raaf. Protekinfo(Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika), 1(September), 68–70. Https://Doi.Org/10.30656/Protekinfo.V1i0.35
Sunarti, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Dalam Mengembangkan Presentasi Interaktif Online Dengan Aplikasi Mentimeter Di Balai Diklat Keagamaan Palembang. Jurnal Perspektif, 14(2), 283–296. Https://Doi.Org/10.53746/Perspektif.V14i2.57
Sunoto. (2022). ( Unissula ) Semarang Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Era Covid-19 Halaman Pengesahan Adaptasi Universitas Islam Sultan Agung ( Unissula ) Semarang Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Era Covid-19. 19.
Suparlan, S. (2020). Peran Media Dalam Pembeajaran Di Sd/Mi. Islamika, 2(2), 298–311. Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V2i2.796
Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Di Pt Tuntex Garment Indonesia. Journal Of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 70–82. Https://Jiemar.Org/Index.Php/Jiemar/Article/View/28
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Villela, Lucia Maria Aversa. (2013). Pengertian Berpikir Kreatif Berpikir. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wininger, S. R., Redifer, J. L., Norman, A. D., & Ryle, M. K. (2019). Prevalence Of Learning Styles In Educational Psychology And Introduction To Education Textbooks: A Content Analysis. Psychology Learning And Teaching, 18(3), 221–243. Https://Doi.Org/10.1177/1475725719830301
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. In Scopindo Media Pustaka (Issue September). Https://Doi.Org/10.17605/Osf.Io/Wpxma
Zulfa, D. R., & Huda, N. (2021). Efektivitas Media Mentimeter Pada Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 24–39. Https://Doi.Org/10.19105/Alb.V2i1.4142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desiana Omartinez Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.