MENGASAH RASA INGIN TAHU MELALUI INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Haholongan Panjaitan PTKKN Kementerian Agama RI
  • Mangiring Pandapotan Situmoran PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi strategi pembelajaran inkuiri di era digital dalam mengasah rasa ingin tahu peserta didik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan pendidikan abad ke-21, di mana peserta didik perlu dikembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui proses belajar yang aktif dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa guru dan peserta didik di jenjang menengah atas yang telah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbasis digital. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan analisis dokumen pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital, seperti simulasi interaktif, modul berbasis aplikasi, dan platform kolaboratif, berhasil meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan rasa ingin tahu peserta didik. Peserta didik lebih aktif mengajukan pertanyaan, mengeksplorasi fenomena, dan bekerja sama dalam proyek-proyek pembelajaran. Strategi ini juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kreativitas, dan keterampilan sosial. Kendati demikian, penelitian mengidentifikasi tantangan berupa kesiapan guru, ketidakmerataan akses teknologi, dan risiko distraksi peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi pembelajaran inkuiri yang adaptif dan berbasis teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang relevan, menyenangkan, dan efektif dalam membentuk karakter dan kemampuan berpikir peserta didik.

References

Afandi, T., Khobir, A., & Muhlisin, M. (2025). Strategi pembelajaran di era digital: Gamifikasi dan metode inkuiri dalam meningkatkan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan, 2(2), 24–39.

Adnin, I., & Hubi, Z. B. (2023). Analisis karakter rasa ingin tahu siswa secara kritis pada perkembangan teknologi berimplikasi dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ilmu Sosial (JIPIS), 32(2), 98–109.

Elisa, E., Pagarra, H., & Raihan, S. (2025). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 4(1).

Elvianasti, I., Maesaroh, M., Maesaroh, H. N. Y., & Fuadi, T. M. (2025). Improving student’s curiosity by ICT-assisted guided inquiry models. AL ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 402–414.

Fachmi, N. M., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2024). Model inquiry learning berbasis literasi digital untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(4).

Hafizah, H., & Ningrum, D. M. T. (2024). Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning berbantuan media YouTube terhadap keterampilan menulis teks ulasan mahasiswa. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1).

Kencana Sari, F. F., & Lahade, S. M. (2025). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap sikap ilmiah dan rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1).

Maknun, L., & Haryanti, L. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode Inquiry Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 155–163.

Milasari, M., Uray, F. H., Rizki, A. F., Hamidah, H., Halimah, H., & Akbar, A. (2025). Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap sikap rasa ingin tahu (curiosity) pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(3), 1479–1489.

Nurhaswinda, N., Gusliana, R., Putri, A., Nisa, K., & Putri, Z. J. (2025). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora.

Putri Ledi, S. M., Sholikhan, & Jufriadi, A. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar materi gerak lurus. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(2), 153–157.

Rusdiana, Y. T., Apriana, A., & Yuliarni, Y. (2025). Upaya peningkatan motivasi belajar melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah dan IPS di SMP Banjar Agung. Jurnal Artefak.

Sari, D. R., & Wulandari, R. (2024). Elevating cognitive learning outcomes via inquiry learning empowered by digital web teaching materials in science education. Indonesian Journal of Education Methods Development, 21(4).

Sartika, R., Maftuh, B., Nurdin, E. S., & Budimansyah, D. (2024). Pengembangan model pembelajaran inkuiri dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk menguatkan kewargaan digital. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2).

Tanryale, M. H., Astija, Astija, I. N. Kundera, Nurchamidah, & Hamsah, M. (2025). Implementing of inquiry model based on technology to increase scientific literacy and critical thinking. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 58(2), 304–315.

Widiastuti, W., & Santosa, R. H. (2025). Pengaruh metode inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Panjaitan, H., & Situmoran, M. P. (2025). MENGASAH RASA INGIN TAHU MELALUI INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI ERA DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8394–8399. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53528