PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUS SYAKUR

Authors

  • Mely Agustin Reni Pitasari Universitas Islam Jember
  • Agus Zainudin Universitas Islam Jember
  • Nur Laila Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19151

Keywords:

Media, Pembelajaran, Siswa, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika khususnya dalam pokok pembahasan perkalian dan pembagian. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran guru banyak menggunakan metode ceramah tentang materi, sehingga interaksi dan komunikasi antara siswa dan guru belum maksimal. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media tabel perkalian dan pembagian terhadap hasil belajar pelajaran matematika siswa kelas III. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media tabel perkalian dan pembagian terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif yang bertujuan untuk membandingkan hasil dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dengan menggunakan media tabel perkalian dan pembagian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas. Hal tersebut terbukti dengan dengan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar postest siswa kelas eksperimen sebesar 84,5. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar postest siswa sebesar 71,5. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media tabel perkalian dan pembagian berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian kelas III. Dari hasil peneitian ini ada beberapa saran untuk para pendidik khususnya guru MI Nurus Syakur agar dapat menjadikan media tabel perkalian dan pembagian dalam pembelajara matematika sehingga akan tercipta suasana belajar yang efektif dan efisien.

References

Astuti, E. Y. W. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perkalian. Pedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan. 2(1): 76-84.

Dharma, S. 2008. Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Direktorat Tenaga Pendidikan

Garaika dan Darmanah. 2019. Metodologi Penelitian. Lampung: CV. Hira Tech. Hasan, M., Milawati, Darojati, T. K. Harahap, T. Tahrim, A. M Anwari, A.

Rahmat, Masdiana, I. M. Indra. 2021. Media Pembelajaran. Klaten. Tahta Media Grup.

Hasan, Q. A. 2011. Pengembangan Materi Pembelajaran Operasi Pembagian Dengan Menggunakan Alat Peraga Manipulatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Ibrahim, A., A. H. Alang., Madi., Baharuddin., M. A. Ahmad., dan Darmawati. 2018. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama: Makassar, Gunadarma Ilmu

Innana., Rahmatullah., dan M. Hasan. Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek.

Cetakan Pertama: Makassar, Tahta Media Group, 20221

Karim, A. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus. 1: 21-32.

Kholil, M., dan S. Zulfiani. 2020. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldino Kabupaten Banyuwangi. Journal of Primary Education. 1(2): 151-168

Laju, N. D., M. Helvina., dan M. Yufrinalis. 2023. Meningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian Melalui Media Tabel Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDK 077 Kewapante Kecamatan Kewapante Kabupaten Sikka. Journal on Education. 5(3): 7857-7864.

Melisafira, “Pengaruh Minat Belajar Mematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Tombolo Pao Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa”, (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018)

OECD. 2019. PISA 2018.Assesment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Pardamean, A. H. Kresnadi, E. Yusmin.2012. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pada Kelas VI SD Negeri No.08 Ngalok Kembayan Sanggau.

Quraisy, A. 2020. Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorof-Smirnov dan Shapiro-wilk. Jurnal of Healt, Education, Economic, Science, and Technology. 3(1): 7-11

Rahmawati, D., dan Widayati. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Taperbaga (Tabel Perkalian dan Pembagian Bergambar) Untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar. 1(1): 2-14.

Ramadhan, F., S. Mahanal., dan S. Zubaidah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap STAD. Jurnal Pendidikan. 2(5):610-615.

Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin. IAIN Antasari Press.

Sapriyah. 2019. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(1): 470-477.

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Pitasari, M. A. R. ., Zainudin, A. ., & Laila, N. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUS SYAKUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 580–586. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19151