Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11558Abstract
Passing adalah teknik yang dominan digunakan untuk menciptakan serangan dan menghasilkan sebuah goal. Banyak metode pembelajaran di sekolah yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya dalam menguasai gerakan dasar passing sepak bola, Dengan menggunakan model pembelajaran peer teaching siswa diharapakan menjadi lebih semangat dan aktif, karena penggunaan metode yang tepat dan memberikan kesan menyenangkan serta siswa akan lebih mudah berkomunikasi dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola siswa SMP 268 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuatitatif metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test desigin. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP 268 Jakarta. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 siswa. Hasil uji hipotesisi menggunkan uji-t Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat di tarik kesimpulan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Pada pembelajaran teknik dasar passing sepak bola terhadap siswa dapat diterima. Model pembelajaran peer teaching dinyatakan efektif karena nilai rata-rata N-Gain keseluruhan pada uji peningkatan N-Gain sebesar 0,56, atau peningkatannya berkategori efektif.Downloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Adriwansa, A. Z. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3443–3447. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11558
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ahnaf Zaeroffi Adriwansa, Ega Trisna Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).