Efektifitas Personalized System For Intruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pencak Silat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11181Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cabangbungin terhadap pencak silat. Salah satu permasalahan observasi sekolah adalah guru PJOK belum mengetahui materi pencak silat dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cabangbungin yang terdiri dari dua kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti kelas pencak silat dalam model personalized system for instruction model di SMA Negeri 1 Cabangbungin menunjukkan bahwa 36 siswa (45%) sangat tertarik, bahkan 12 siswa (15%) sangat tertarik. . Minat, sebanyak 20 siswa (25%) tertarik, sebanyak 5 siswa (6,25%) kurang tertarik dan 7 siswa (8,75%) kurang tertarik. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, disarankan agar guru lebih memahami kurikulum merdeka untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.Downloads
Published
2023-01-07
How to Cite
Sihab, A. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektifitas Personalized System For Intruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pencak Silat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1614–1617. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11181
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alwi Sihab, Ega Trisna Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).