Efektifitas Sport Education Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11560Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Babakancikao terhadap sepak bola. Salah satu permasalahan observasi sekolah adalah guru PJOK belum mengetahui materi sepak bola dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data pretest dan posttest berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Babakancikao yang terdiri dari satu kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei minat belajar siswa kelas VII dalam mengikuti kelas sepak bola dalam model sport education model di SMP Negeri 3 Babakancikao menunjukkan bahwa 12 siswa (65%) sangat tertarik, bahkan 6 siswa (25%) tertarik. Minat, sebanyak 4 siswa (8,25%) cukup tertarik, sebanyak 3 siswa (1,75%) kurang tertarik. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, disarankan agar guru lebih memahami kurikulum merdeka untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan minat siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Hanif, A. F. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektifitas Sport Education Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4330–4334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11560
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abdul Fattah Hanif, Ega Trisna Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).