Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Ketepatan Smash Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10159Abstract
Penguasaan teknik dasar smash siswa ekstrakurikuler SMAN 1 Pangkalan ini masih rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan plometric terhadap ketepatan smash dalam kegiatan ektrakurikuler bola voli siswa Sekolah Menengah Atas. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan one groups pretest and postiest design, yaitu suatu desain penelitian terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah perlakuan. Jumlah sampel adalah 15 siswa pada kegiatanekstrakurikuler bola voli, dan penelitian ini menggunakan teknik sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes ketepatan smash dan tes gerakkan smash. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan uji t (paired sample t-test) dengan hasil analisis data menunjukan bahwa latihan plyometric memberikan pengaruh signifikan terhadap ketepatan smash voli dengan nilai t hitung 7.891 t tabet 2.179 dengan nilai p = 0.00, dan gerakkan smash dengan nilai t hitung 11.015> t tabel 2.179 dengan nilai p = 0.00, maka terdapat peningkatan yang signifikan pada ketepatan dan gerakkan smash. Dengan persentase peningkatan untuk ketepatan smash sebesar 6.00% dan gerakkan smash sebesar 22,0% pada siswa ektrakurikuler bola voli l SMAN 1 Pangkalan. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan latihan plyometric terhadap ketepatan smash siswa ektrakurikuler bola voli SMAN 1 Pangkalan.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Mardiana, D. ., & Rahayu, E. T. . (2022). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Ketepatan Smash Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10876–10882. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10159
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dirman Mardiana, Ega Trisna Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).