Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ahnaf Zaeroffi Adriwansa Universitas Singeperbangsa Karawang
  • Ega Trisna Rahayu Universitas Singeperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11558

Abstract

Passing adalah teknik yang dominan digunakan untuk menciptakan serangan dan menghasilkan sebuah goal. Banyak metode pembelajaran di sekolah yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya dalam menguasai gerakan dasar passing sepak bola, Dengan menggunakan model pembelajaran peer teaching siswa diharapakan menjadi lebih semangat dan aktif, karena penggunaan metode yang tepat dan memberikan kesan menyenangkan serta siswa akan lebih mudah berkomunikasi dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola siswa SMP 268 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuatitatif metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test desigin. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP 268 Jakarta. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 siswa. Hasil uji hipotesisi menggunkan uji-t Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat di tarik kesimpulan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Pada pembelajaran teknik dasar passing sepak bola terhadap siswa dapat diterima. Model pembelajaran peer teaching dinyatakan efektif karena nilai rata-rata N-Gain keseluruhan pada uji peningkatan N-Gain sebesar 0,56, atau peningkatannya berkategori efektif.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Adriwansa, A. Z. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektivitas Peer Teaching Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3443–3447. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11558