Efektifitas Project Based Learning Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11933Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas projelek based learning terhadap kedisiplinan siswa kelas X SMP Negeri 3 Cikarang Utara terhadap pembelajaran permainan bola voli. Salah satu permasalahan observasi sekolah adalah kurangnya tingkat kedisiplinana siswa terhapa pembelajaran bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas X SMP Negeri 3 Cikarang Utara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei Hasil analisis deskriptif kuantitatif post-test menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas XI terhadap kegiatan pembelajaran permainan bola voli di SMA Negeri 1 Cabangbungin yaitu sangat kurang 1 orang (5,6%), cukup 9 orang (50%),baik 7 orang (38,9%),dan sangat baik 1 orang (5.6%) sebagain besar siswa sekolah menengah pertaman yaitu sebesar 9 orang dengan kategori tingkat kedisiplinan cukup.terdapat peningkatan setalah dilakuan treatment terdapat peningkatan pada kategoro baik dan munculnya kategori sangat baik, Berdasarkan hasil uii Ngain skor menunjukan nilai sebesar 74.2981 yang mendakan tingkat efektifitas projek based learning pada tingkat kedisiplinan siswa pemebelajaran peramain bola voli efektif digunakan pada proses pembelajaran di sekolah menengah pertama.Downloads
Published
2023-01-27
How to Cite
Pangestu, A. F. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektifitas Project Based Learning Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Bola Voli . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5482–5486. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11933
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Aldi Firman Pangestu, Ega Trisna Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).