SOCIAL MEDIA MARKETING DI MASA PANDEMI

Authors

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri https://orcid.org/0000-0001-5234-2991
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Asniati Bindas Universitas Islam Indragiri
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Indragiri
  • Abdul Muni Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2828

Keywords:

Sosial Media, Marketing, Pandemi

Abstract

Globalisasi menjadi tantangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus bertahan dimasa pendemik covid-19 ini. Teknologi Informasi terutama media sosial seperti Facebook, instagram, dan lainya menawarkan manfaat bagi UMKM Desa Rumbai Jaya untuk meningkatkan pemasaran produk olahanya. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan menentukan produk unggulan dan profil bisnis UMKM, merumuskan komponen penunjang sosial media bagi UMKM, meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai strategi bisnis dan pemasaran berbasis teknologi dan informasi melalui pengembangan sosial media, dan memberikan strategi usaha yang berkelanjutan bagi UMKM melalui penerapan sosial media. Adapun metode yang digunakan dalam PKM ini yaitu Tahap Persiapan, persiapan Tim PKM berupa pemantauan sosial media UMKM didesa rumbai jaya, persiapan sarana dan prasarana serta alat pendukung yang digunakan dalam proses pelatihan. Sosialisasi, program akan dilaksanakan oleh tim PKM dan akan dibantu oleh beberapa orang mahasiswa serta pelaku UMKM di desa rumbai jaya. Pada sosialisasi ini akan diberikan beberapa materi dan praktek sebagai berikut bagaimana cara bijak dalam memanfaatkan social media bagi UMKM, cara menggunakan sosial media, menjaga sosial media, cara marketing di sosial media dan mengoptimalkan pemanfaatan sosial marketing. Hasil dari pengabdian ini masyarakat desa rumbai jasa sangat senang dan lebih paham dalam menggunakan sosial media sebagai alat mempromosikan produk olahan di masa pendemi covid-19 ini. Meraka juga yakin bahwa dengan adanya sosial media ini akan meningkatkan pangsa pasar dan membantu  meningkatnya pendapatan penjualan meraka.

Author Biographies

Dwi Yuli Prasetyo, Universitas Islam Indragiri

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Islam Indragiri

Fitri Yunita, Universitas Islam Indragiri

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Islam Indragiri

Asniati Bindas, Universitas Islam Indragiri

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Islam Indragiri

Samsudin Samsudin, Universitas Islam Indragiri

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Islam Indragiri

Abdul Muni, Universitas Islam Indragiri

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Islam Indragiri

References

Cahyono, A. S. (2016). Pengarus Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 194–210. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14

Limandono, J. A. D. D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.179

Muttaqin, Z. (2012). Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern. Teknologi, 1(2), 103–109. https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950

Downloads

Published

2021-11-16