PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STROYLINE GURU UPT SDN 29 MAJANNANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Authors

  • Maulidya Apriana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Regita Maulinda Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ermawati Ermawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahruddin Syahruddin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40998

Keywords:

Pendampingan, Media Pembelajaran, Mengartikulasikan Alur Cerita

Abstract

Pendampingan articulate storyline pada guru-guru UPT SDN 29 Majannang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru dalam membuat media pembelajaran berbasis android yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di dalam atau luar kelas. Metode pendampingan ini dilakukan 2 tahap yaitu (1) pendampingan di sekolah (2) Uji coba media articulate storyline. Peserta membuat media pembelajaran yang mereka ajarkan di kelas. Media ini sangat interaktif jika dibandingkan power point dan memudahkan kembali menu utama. Penggunaan media ini sangat efektif karena siswa dapat mengulangi tontonan video pembelajaran dan menjawab pertanyaan pada soal-soal yang disajikan. Pendampingan guru-guru UPT SDN 29 Majannang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Amelia, V., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran literasi Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 88-97.

Ekawati, E. Y., Budiawanti, S., Masithoh, D. F., Waskito, S., Surantoro, S., & Maulidah, R. A. (2013, September). Desain Media Pembelajaran Dalam Bentuk Buku Saku yang Berbasis Mobile Application menggunakan Player Air for Android pada Adobe Flash Professional CS 5.5 Untuk Materi Fisika SMA. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 4, No. 1).

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 3(1), 24- 33.

Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media pembelajaran online pada masa New Normal. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27-36.

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Apriana, M., Maulinda, R., Ermawati, E., Ratnawati, R., & Syahruddin, S. (2025). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STROYLINE GURU UPT SDN 29 MAJANNANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 179–184. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40998

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.