PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG

Authors

  • Belinda Dewi Regina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Kuncahyono Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41199

Keywords:

Pendampingan, Media, Media Pembelajaran, AI, Sekolah Dasar

Abstract

SD Muhammadiyah 4 Kota Malang, sebagai salah satu sekolah yang memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan, menyadari pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi ini. Namun, berdasarkan observasi awal, masih terdapat kesenjangan dalam pemahaman dan penerapan AI dalam penyusunan media pembelajaran di kalangan guru. Pendampingan penyusunan media pembelajaran berbasis AI menjadi langkah strategis untuk menjawab tantangan ini. Pendampingan berupa workshop pemanfaatan AI dalam pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi AI, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode yang dipakai yaitu metode pelatihan pembuatan media berbantuan AI. Hasil dari kegiatan ini yaitu media pembelajaran berbasis AI memiliki potensi untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, memberikan umpan balik secara real-time, dan memperkaya pengalaman belajar melalui simulasi dan permainan edukatif yang didukung oleh AI.

References

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking education in the age of technology: The digital revolution and schooling in America. Teachers College Press.

Dahlman, C., & Westphal, L. (2019). Technological effort in industrial development–an interpretative survey of recent research. The Economics of New Technology in Developing Countries, 105–137.

Ellul, J. (2018). The technological system. Wipf and Stock Publishers.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285.

Hew, K. F., & Brush, T. (2007). Integrating technology into K-12 teaching and learning: Current knowledge gaps and recommendations for future research. Educational Technology Research and Development, 55, 223–252.

Lameras, P., & Arnab, S. (2021). Power to the teachers: an exploratory review on artificial intelligence in education. Information, 13(1), 14.

Lindner, A., & Berges, M. (2020). Can you explain AI to me? Teachers’ pre-concepts about Artificial Intelligence. 2020 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1–9.

Luckin, R., & Cukurova, M. (2019). Designing educational technologies in the age of AI: A learning sciences‐driven approach. British Journal of Educational Technology, 50(6), 2824–2838.

Murtaza, M., Ahmed, Y., Shamsi, J. A., Sherwani, F., & Usman, M. (2022). AI-based personalized e-learning systems: Issues, challenges, and solutions. IEEE Access, 10, 81323–81342.

Pea, R. D. (2018). The social and technological dimensions of scaffolding and related theoretical concepts for learning, education, and human activity. In Scaffolding (pp. 423–451). Psychology Press.

Planning, A. O., Of, A., From, L., Strategies, H., & The, D. (2021). ANALYSIS OF PLANNING , IMPLEMENTATION , ASSESSMENT OF LEARNING FROM HOME STRATEGIES DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN PRIVATE ELEMENTARY SCHOOLS Beti Istanti Suwandayani , Dyah Worowirastri Ekowati , Sony Darmawan , Ari Dwi Haryono Universitas Muhammadiyah . XIII(1).

Suwandayani, B. I., Ekowati, D. W., & Fadillah, A. N. (2020). Dakon Koper Media of the Least Common Multiple and Greatest Common Divisor Materials for the Elementary School Students. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(2), 317–326. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i2.6681

Tri, N. M., Hoang, P. D., & Dung, N. T. (2021). Impact of the industrial revolution 4.0 on higher education in Vietnam: challenges and opportunities. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1–15.

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Regina, B. D., Suwandayani, B. I., & Kuncahyono, K. (2025). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1003–1010. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41199

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.