PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN POTENSI WISATA DI PANTAI GASENG TANJUNGPINANG

Authors

  • Rifaldi Herikson Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Marisha Pertiwi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Novrizal Fattah Fahmitra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Sepli Yandri Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Aria Bagiasa Chidmahdjati Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42230

Keywords:

Digital Content, Social Media, Tourism, Promotion

Abstract

Pariwisata memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian, melestarikan budaya, dan memberdayakan masyarakat, khususnya negara Indonesia yang kaya akan destinasi wisata. Sektor pariwisata saat ini masih menghadapi tantangan terutama pada kurangnya minat untuk membuat konten media sosial sebagai sarana promosi wisata. Tantangan ini bisa diatasi dengan solusi edukasi dan promosi wisata berbasis digital. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pariwisata lokal dan memperkuat daya tarik destinasi wisata melalui pelatihan pembuatan konten media sosial. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ditujukan kepada warga setempat di Pantai Gaseng Tanjungpinang, Kepulauan Riau dengan memberikan pelatihan pembuatan konten media sosial untuk promosi pariwisata Pantai Gaseng. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta yang aktif berdiskusi dan menghasilkan konten media sosial. Program ini berhasil meningkatkan wawasan peserta terkait potensi pariwisata lokal dan teknologi digital sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Meski demikian, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan Masyarakat juga diperlukan untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital yang mendukung pariwisata di Kota Tanjungpinang.

References

Afina, R., Qatrunnada, H., Amabel Kirani, H., Kencana, W. H., Budilaksono, S., Febrianty, F., & Gantina, D. (2022). Strategi Marketing Desa Wisata Berbasis Informasi dan Teknologi. IKRAITH-Teknologi, 6(3), 7–17. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v6i3.2302

Aziz, M. H. (2022). Model Pariwisata Digital dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2279. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2246

Hamzah, Z., Hanafiah, A., Rusilawati, E., Ayu Purwati, A., Purnama Sari, T., & Luthfi Hamzah, M. (2022). Technology-Based Tourism Management on Fishing Tours in Mentulik Village. Community Engagement & Emergence Journal, 3(2), 162–169.

Jaelani, A., & Hanim, T. F. (2021). Teknologi Digital, Keberlanjutan Lingkungan, Dan Desa Wisata Di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 237. https://doi.org/10.24235/jm.v6i2.9613

Jamilati, N., Anshori, M. I., & Salsabila, S. N. (2023). Penggunaan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kinerja Pengelola Pariwisata Berkelanjutan Studi Kasus di Kabupaten Bangkalan. Innovative : Journal Of Social Science Research, 3(6), 154–169.

Magfira, F., Matulatan, T., Fahmitra, N. F., Irawan, F., & Herikson, R. (2024). Implementation of Model View Controller Architecture in Designing Outcome-Based Education (OBE) Curriculum Management Information System. BIO Web of Conferences, 134. https://doi.org/10.1051/bioconf/202413405002

Murti, D. C. W., Kusumastuti, Z. R., Handoko, V. S., & Wijaya, A. B. M. (2022). Peningkatan Digitalisasi Pariwisata di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.5395

Pertiwi, M., Efranda, N., Slam, B. E., Ritha, N., & Bettiza, M. (2024). UI/UX Design of Web-Based for Outcome-based Education (OBE) Assessment Information System in Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Using Prototype Method. BIO Web of Conferences, 134. https://doi.org/10.1051/bioconf/202413401006

Ratna Sari, D. (2021). E-Tourism Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 62–67. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Rukmana Syafrin, N. S., Risma Niswaty, & Andi Cudai Nur. (2023). Urgensi Manajemen Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Majene. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v1i2.41182

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Herikson, R., Pertiwi, M., Fahmitra, N. F., Yandri, S., & Chidmahdjati, A. B. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN POTENSI WISATA DI PANTAI GASENG TANJUNGPINANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1669–1673. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42230

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.